Alanredhi Mahesa Wijaya, saat mengikuti pembelajaran matematika. (Rabithah)


JOMBANG – Kegiatan belajar di rumah saat pandemi Covid-19 menerpa Kota Santri ternyata menjadi sebuah momentum berarti bagi Alanredhi Mahesa Wijaya. Sebab ia mampu memecahkan perlbagai soal Matematika yang dikenal rumit dengan mudah sesuai pemahamannya.

Kepiawaiannya itu akhirnya membawa peserta didik Kelas IV, SDN Tugu Kepatihan I Jombang ini meraih Juara II dalam ajang Kompetisi Sains Nasional mata pelajaran Matematika tingkat Kabupaten Jombang 2022. Awalnya Alanredhi Mahesa Wijaya sendiri tak menyadari akan bakat yang dimilikinya ini. Ia hanya mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan sebaik mungkin.

Berharap capaian dari peserta didik ini dapat memotivasi teman sebaya lainnya untuk meraih hasil belajar yang gemilang. Asalkan mau berusaha, semua pasti mungkin.

“Ternyata soal-soal yang saya kerjakan banyak menuai hasil yang sempurna. Demikian dengan langkah mengerjakannya. Setelah diberikan uji coba soal Matematika oleh ibu saya, ternyata mampu dan hasilnya pun baik,” terang Alan, sapaan akrabnya.

Ibu juga merupakan guru Matematika, imbuh Alanredhi Mahesa Wijaya. Jadi tahu kebutuhan soal dalam menguji coba kemampuan pemahaman soal serta mengerjakan soal Matematika untuk Kelas IV.

Baca Juga: Literasi Membantu Pengembangan Pembelajaran

Walaupun mampu mengerjakan soal Matematika dengan tepat, peserta didik dengan kepribadian pemalu itu mengaku sempat merasa ada kesulitan dalam mempelajarinya. Utamanya mengenai hafalan perhitungan dasar yakni perkalian, pembagian, serta rumus bangun ruang. Namun ketika dilantari dengan doa dan semangat dari sang ibu, membuat Alanredhi Mahesa Wijaya mampu melewatinya dengan penuh perjuangan.

Guru Kelas IV, SDN Tugu Kepatihan I Jombang, Rizki mengatakan pendampingan dilakukan secara terus menerus baik di satuan pendidikan maupun di rumah. Bersyukur semua berjalan sesuai harapan mampu meraih juara dan menjadi kebanggaan bagi Alanredhi Mahesa Wijaya maupun yang lainnya. Termasuk teman-teman sekelas yang sering dibantu dalam belajar Matematika.

Alanredhi Mahesa Wijaya bersama ibu, guru dan kepala SDN Tugu Kepatihan I Jombang. (Rabithah)

Kepala SDN Tugu Kepatihan I Jombang, Drs. Achmad Sudarto Basuki, menuturkan, “Meskipun dalam pendampingan diberikan jam tambahan tetapi tetap terukur porsinya. Jadi tak sampai membuat Alanredhi Mahesa Wijaya merasa tertekan dan bosan.”

Oleh karenanya, Achmad Sudarto Basuki berharap capaian dari peserta didik kesayangannya ini dapat memotivasi teman sebaya lainnya untuk meraih hasil belajar yang gemilang. Asalkan mau berusaha, semua pasti mungkin.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

ALANREDHI MAHESA WIJAYA


Tanggal lahir : 7 Desember 2011

Hobi : Menggambar dan bermain game

Cita-cita : Guru Matematika

Idola : Jess No Limit (Youtuber)

Lebih baru Lebih lama