Proses pembelajaran menggunakan APE hasil karya Rozandy Azis. (Rabithah)


JOMBANG – Di era persaingan serba pesat ini, harus jeli dalam membuka peluang usaha. Selain harus berbeda dengan lainnya, tentunya bisa jadi sangat dibutuhkan. Seperti yang dilakoni Rozandy Azis dalam menjalankan usaha pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

Ide awalnya hadir dari lelaki berpawakan tinggi ini karena tak jauh dari profesi yang digelutinya yakni sebagai guru di SLB Permata Hati Jombang. Sehingga sedikit banyak ia mengetahui kebutuhan apa yang sedang diperlukan dalam pembelajaran.

Senyampang aman digunakan, bagi guru pun lebih mudah dalam mengakselerasikan pembelajaran.

Rozandy Azis mengisahkan, “Sebelum menjadi seorang guru, saya sudah menyukai dunia kerajinan kayu. Itu tak lepas dari pengaruh ayah yang lebih dahulu menerjuni usaha kerajinan kayu. Sehingga ibarat buah jatuh tak jauh dari pohonnya, akhirnya menurun kepada saya.”

Baca Juga: Menggembeleng Peran MGMP dalam IKM

Rozandy Azis melanjutkan, meskipun telah cukup lama berkecimpung di pendidikan SLB tetapi dirinya baru terpikirkan ide membuat APE untuk peserta didiknya baru tahun 2007. Itu pun sekadar memenuhi permintaan pesanan dari satuan pendidikan tempatnya mengabdi. Diantaranya yang pernah dibuat adalah APE mengenal angka, huruf dan bangun ruang untuk peserta didik tunanetra. Kemudian juga alat bantu makan serta sikat gigi bagi peserta didik tunadaksa.

Rozandy Azis. (Rabithah)

“Seiring berjalannya waktu, kini sudah banyak pemesan. Hanya saja peralatan untuk membuat masih terbatas. Sedikit banyak itu menjadi kendala tersendiri memenuhi seperti tenggat waktu yang ditentukan. Namun hal ini tidak membuat patah arang, sebaliknya jadi motivasi guna terus berkembang,” ungkap pemilik Bengkel Rozan Art tersebut.

Rozandy Azis saat memotong kayu. (Rabithah)

Kerajinan kayu buatan Rozandy Azis yang berbasis handmade kini cukup menarik banyak peminat. Apalagi hasilnya pun rapi karena dikerjakan sendiri sehingga sangat diperhatikan baik pemilihan kayu, mengukur, pemotongan, penghalusan, pengeboran, membentuk sesuai pesanan, serta finishing. Selain itu harganya pun cukup terjangkau, satu set APE bagi peserta didik berkebutuhan khusus dihargai hanya Rp 300.000 saja.

Senyampang aman digunakan, bagi guru pun lebih mudah dalam mengakselerasikan pembelajaran. Lantaran semua dibuat sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

BENGKEL ROZAN ART

Alamat : Jl. Kertajaya, Desa Kepanjen, Kecamatan/Kabupaten Jombang.

Nomor Telepon : 085607035900

Facebook : Rozandy Azis

Lebih baru Lebih lama