Pengawas Disdikbud Kabupaten Jombang, Dra. Susiana, M.Si, saat menyampaikan pendapat. (Rabithah)


JOMBANG – Menyongsong Implementasi Kurikulum Merdeka atau IKM, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP Se Kabupaten Jombang memiliki peran yang vital guna menyukseskannya. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang pun pada Kamis (12/5) menjadi komprador untuk menjembatani ketegasan peranan MGMP tersebut bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Jombang dan Pengawas Disdikbud Kabupaten Jombang di Aula III Disdikbud Kabupaten Jombang.

Disampaikan Ketua MKKS SMP Negeri Se Kabupaten Jombang, Rudy Priyo Utomo, M.Pd. pengurus MKKS yang menjadi pembina MGMP akan bertanggungjawab mebersamai seluruh program kegiatan yang telah disusun. Terutama dalam IKM yang mesti dipahami oleh setiap anggota MGMP secara keseluruhan. Sehingga diharapkan nantinya dapat tercurahkan secara maksimal kepada peserta didik saat pembelajaran.

Meski masih terbilang perdana, IKM optimis dapat berjalan sukses. Hal itu tidak lepas dari kesiapan semua lini yang telah ditata secara matang dengan menelaah potensi hingga karakteristiknya.

“Akan diselenggarakan bimbingan teknis IKM bersama narasumber dari Pengawas Disdikbud Kabupaten Jombang; Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Kabupaten Jombang; dan sejumlah fasilitator pada Mei hingga Juni 2022 bertempat di SMP Negeri 3 Peterongan,” urai Kepala SMP Negeri 1 Jombang itu.

Baca Juga: SDN Tambakrejo Jombang Prestasi dan Karakter Terbina dalam Pendidikan Keagamaan

Hal ini disambut baik oleh seluruh jajaran Pengawas SMP Disdikbud Kabupaten Jombang, salah satunya Dra. Susiana, M.Si. yang didapuk sebagai Narasumber Bimtek IKM, mengatakan idealnya yang menjadi peserta Bimtek tersebut adalah Kepala Sekolah pembina MGMP, Ketua MGMP, Pengawas dan pengurus MKKS negeri/swasta. Selanjutnya untuk praktik merumuskan kurikulum yang sesuai dengan kondisi satuan pendidikan dapat menghadirkan wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

Susiana mengatakan, “Oleh karenanya penting bagi pengurus MKKS kembali menyinkronkan pembina MGMP yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Selanjutnya pembina MGMP tersebut harus terjun langsung dalam mengonsep kegiatan yang erat kaitannya dengan IKM sesuai dengan klasifikasi satuan pendidikannya masing-masing.”

Kepala Sekolah sebagai pembina MGMP, menyimak rapat koordinasi. (Rabithah)

Kepala Bidang Pembinaan SMP, Disdikbud Kabupaten Jombang, Agus Suryo Handoko, S.Pd., M.MPd. mengaku meski masih terbilang perdana, IKM optimis dapat berjalan sukses. Hal itu tidak lepas dari kesiapan semua lini yang telah ditata secara matang dengan menelaah potensi hingga karakteristiknya. Diharapkan berdampak pula pada hasil yang cemerlang pada pembelajaran peserta didik.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

SUSUNAN PEMBINA MGMP SMP NEGERI KABUPATEN JOMBANG TAHUN 2021 s.d 2024

Mata Pelajaran

Nama Pembina

PABP

Mochamad Sochi, M.Pd

PPKN

Heri Sukamto, S.Pd

Bahasa Indonesia

Agus Dwi Santoso, S.Pd

Matematika

Wiwik Astutik, S.Pd., M.MPd

IPA

Yoni Tri Joko Kurnianto, S.Pd., M.Si

IPS

Nur Chasanah, M.Pd

Bahasa Inggris

Heni Wahyudi, M.Pd

Seni Budaya

Sugeng Hariyanto, M.Pd

PJOK

Slamet Agus Tri Prastyo, S.Pd

Prakarya

Suryani, S.Pd., M.Si

Bahasa Daerah

Drs. Nur Cholis, M.Pd.i

Mulok

Parsum, S.Pd

BK

Yuniardi, S.Pd

Lebih baru Lebih lama