Para peserta bersiap sebelum acara karnaval. (ist)


KABUH – Karnaval menjadi salah satu kegiatan yang hingga kini masih populer dilaksanakan masyarakat kala merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Hampir di setiap desa atau satuan pendidikan saban tahunnya selalu menyelenggarakan karnaval. Tak terkecuali bagi Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Kabuh.

Dengan adanya gebyar karnaval ini dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya bangsa.

Ketua Himpaudi Kecamatan Kabuh, Mar'atun Hasanah, S.Pd. menyampaikan bahwa acara Gebyar Karnaval KB Kecamatan Kabuh tersebut mengusung tema ragam budaya dan profesi. Acara berjalan semarak dengan rute awal berlokasi di halaman KB Al-Fathonah Desa Mangunan dan berakhir dengan tertib di SDN Mangunan II Kabuh.

Jajaran pengurus Himpaudi Kecamatan Kabuh saat mengikuti. (ist)

Mar'atun Hasanah menjabarkan, “Dari puluhan satuan pendidikan KB yang bergabung terdata sejumlah 456 anak didik yang turut berpartisipasi. Acara menjadi kian meriah lantaran para wali anak didik juga kompak dan eksis membersamai langkah demi langkah anak didik untuk menuntaskan rute karnaval.

Peserta karnaval dari KB Pelangi Kabuh. (ist)

Sementara itu dalam sambutannya, Camat Kabuh, Anjik Eko Saputro, S.H., M.Si. menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi para pengurus Himpaudi, para guru dan juga wali anak didik yang mampu mengorganisir anak didik untuk memakai kostum menarik laiknya para putri dan putra kerajaan pelbagai adat. Tak terkecuali mereka yang menggunakan kostum beraneka macam profesi seperti polisi, tentara, dokter hingga pelaut.

Jajaran panitia dari pengurus Himpaudi Kecamatan Kabuh. (ist)

Anjik Eko Saputro berharap dengan adanya gebyar karnaval ini dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya bangsa. Selaras dengan hal tersebut bagi segenap anggota Himpaudi Kecamatan Kabuh bisa terus menjadi wadah bagi masyarakat khususnya anak didik dalam melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia yang beragam.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama