Salah seorang guru kelas X SMK Global Sumobito saat memberikan pembelajaran. (Donny)

JOMBANG – Apalikasi Data Pokok Pendidikan (Dapordik) dalam lajunya terus mengalami perubahan dan penyempurnaan. Sekarang ini bukan saja bagi guru dari satuan pendidikan negeri saja yang dapat terdata di sana. Melainkan dari satuan pendidikan swasta pun bila sudah memenuhi persyaratan maka bisa masuk dan menerima Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau NUPTK dan berhak menerima peningkatan kesejahteraan.

Proses pendataannya pun tidak semuanya dipasrahkan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat. Tetapi operator di satuan pendidikan tersebutlah yang mengunggah, baru kemudian dari Disdikbud akan melakukan verifikasi kelaikannya.

Para guru saat mengikuti bimtek di Aula I Disdikbud Kabupaten Jombang. (Donny)

Nantinya baru bisa masuk jikalau sudah ada yang pensiun atau mengundurkan diri. Walaupun begitu masih memiliki peluang juga untuk mengikuti jenjang karir dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG).  

Diterangkan oleh Pengolah Data Kelembagaan, Disdikbud Kabupaten Jombang, Hady Suprayitno bila verifikasi yang berjalan nantinya akan meninjau keseusaian data. Misalkan saja kebutuhan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) sudahkah selaras dengan rombongan belajar di satuan pendidikan tersebut.

“Jika jumlah PTK memang kurang dari kebutuhan, maka akan kami verifikasi terlebih dahulu berkas surat pengangkatan dari kepala satuan pendidikan sebagai guru tetap yayasan dan ijazah yang linier sebagai syarat wajib untuk masuk ke Dapodik. Bila sudah memenuhi maka akan disetujui,” terang Hady Suprayitno.

Sebaliknya andaikan usulan PTK yang diajukan di satuan pendidikan tersebut sudah dinyatakan cukup, namun masih menyisahkan beberapa PTK lainnya. Maka dipastikan tidak dapat masuk dalam Dapodik, karena sesuai prinsipnya harusnya sebanding dengan rombongan belajar yang ada.


Lelaki berkacamata ini menuturkan, “Nantinya baru bisa masuk jikalau sudah ada yang pensiun atau mengundurkan diri. Walaupun begitu masih memiliki peluang juga untuk mengikuti jenjang karir dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG).”

Guru prakarya SMP Darul Ulum 2 Jombang saat mencontohkan praktik robotik sederhana. (Donny)
 
Kepala SMP Darul Ulum 2 Jombang, Anida Wahdatuz Zakiyah, S.Pd. mengakui di satuan pendidikan yang dikomandoi juga mengalami kondisi serupa. Masih ada tiga orang PTK belum dapat masuk dalam Dapodik. Tetapi terus di dorong dalam peningkatan kompetensinya dan jangan sampai putus asa.

“Meski mau tidak mau harus menunggu agar bisa masuk ke Dapodik dan memperoleh NUPTK, ada kesempatan lain yang dapat diikuti dalam peningkatan kompetensinya seperti turut dalam PPG,” terang perempuan berparas ayu ini.

Reporter/Foto: Donny Darmawan
Lebih baru Lebih lama