Heni Wahyudi. (Rabitha)
Kerjakan apa yang kamu tulis dan tulis apa yang sudah kamu kerjakan.
- Kepala SMP Negeri 1 Wonosalam, Heni Wahyudi, M.Pd. -

WONOSALAM – Prinsip yang diteguhkan oleh Heni Wahyudi itulah yang mengantarkannya berhasil menyabet Juara I Kepala SMP Berprestasi Tingkat Kabupaten Jombang 2022. Sebab, sejak ia membiasakan diri dengan membaca dan menulis apa saja seolah mengantarkannya dalam membuka cara pandang dan berpikirnya hingga lebih luas lagi.

Diakui oleh Heni Wahyudi memang dahulu saat menempuh pendidikan belum memiliki kebiasaan membaca maupun menulis. Namun ketika mulai menekuni profesinya sebagai Guru Bahasa Inggris, ia serasa di cambuk untuk wajib membaca dan menulis. Apa pun itu harus dituliskannya, baik aktivitas keseharian yang dijalani maupun laporan kegiatan.

“Tak usah merasa malu atau tidak yakin akan kualitas tulisan kita. Asal dilakukan terus menerus ditambah dengan asupan bacaan yang beraneka ragam, maka dengan sendirinya akan membentuk kualitas tulisan nantinya,” tutur pria murah senyum itu.

Termasuk ketika ia mengikuti ajang pemilihan Kepala SMP Berprestasi Tingkat Kabupaten Jombang 2022. Memilih menjadikan ide dasar kegiatan rutin dan unggulan di satuan pendidikan yakni Program Polisi Air. Selain sudah dituliskan sebelumnya setiap aksi di lapangan, data yang diinventarisir pun terbilang banyak. Jadi tinggal ditata ulang dan disuguhkan ke dalam Best Practice yang berjudul Upaya Meningkatkan Peran SMP Negeri 1 Wonosalam Terhadap Kebersihan Air Sungai Desa Wonosalam.

Baca Juga: Wabah PMK Merebak Duka Bagi Para Peternak  

Alumnus STKIP PGRI Jombang ini pun mengutarakan, “Semua berdasarkan pengalaman terjun langsung membersamai tim Polisi Air SMP Negeri 1 Wonosalam, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan Masyarakat setempat, sehingga ditampilkan murni apa adanya. Semua dilengkapi dengan data pendukung sehingga dapat di kata baik buruknya kondisi air sungai di Wonosalam memang harus digaungkan agar menjadi perhatian semuanya.”

Hasilnya tinggal di susun menjadi satu bahan Best Practice yang dirapikan dalam waktu tiga pekan saja. Demikian soal manajemen waktu, ditata dengan baik karena sudah menjadi kebiasaannya untuk disiplin dalam mengerjakan sesuatu, semisal terbiasa menulis kala terbit fajar dan menjelang waktu beristirahat malam.

Harapannya kini dapat menerbitkan buku karyanya pribadi. Selain sebagai sebuah catatan perjalanan dalam hidupnya, juga bisa menjadi motivasi bagi peserta didik di lereng kaki Gunung Anjasmara.

Reporter/Foto: Rabitha Maha Sukma

HENI WAHYUDI
  1. Tempat Tanggal Lahir: Jombang, 19 September 1969
  2. Hobi: Bernyanyi
  3. Tokoh Idola: Ki Hadjar Dewantara dan KH. Abdurrahman Wahid
  4. Prestasi: Juara Harapan I Guru SMP Berprestasi Tahun 2010 dan  Juara Harapan I Kepala SMP Berprestasi Tahun 2019
  5. Kutipan Favorit: Menulis dapat memperpanjang umur, meski penulis sudah meninggal karya tersebut masih terus hidup dan bermanfaat bagi pembacanya.
Lebih baru Lebih lama