Seorang pekerja semangat beraktifitas. (Ilustrasi)

JOMBANG - Setelah berlibur di akhir pekan, seolah terasa berat rasanya untuk memulai melanjutkan aktivitas di hari Senin. Tak heran bila banyak pekerja yang mengaku merasa “I hate Monday”.

Harus diakui bahwa setiap orang menyukai hari libur. Apalagi mereka yang telah banyak menguras energi untuk menyelesaikan pekerjaan rutinitasnya. Sehingga akhir pekan merupakan surga untuk melepaskan lelah dan penat.

Tetaplah menjaga integritas, apapun yang terjadi, bekerjalah sesuai tanggung jawab Anda. Senin hingga Minggu adalah hari yang memiliki keistimewaannya masing-masing. Tetap semangat, jadikan hari Senin Anda menyenangkan!

Namun ketika kembali menghadapi rutinitas di awal pekan, hari Senin seolah menjadi musuh yang harus ditaklukkan. Bagaimana tidak, tubuh dan pikiran baru saja sejenak merasakan nyamannya menikmati hari libur, tapi kemudian hari Senin muncul dan harus kembali dihadapkan dengan rutinitas.

Maka tak heran bila banyak orang yang merasa enggan dihadapkan dengan hari Senin. Bahkan kondisi ini membuat mood seseorang menjadi tidak baik karena hari Senin dirasa tidak menyenangkan.

Baca Juga: Desa Temuwulan, Kecamatan Perak Gabungan dari Dua Dusun

Seperti dikutip dari cermati.com, berikut cara bersemangat dan senang menghadapi hari Senin. Bukan lagi membencinya, tapi mengawali setiap pekan dengan “I love Monday”.

Siapkan Pakaian Favorit dari Hari Minggu

Untuk menghibur diri Anda agar dapat menerima kenyataan bahwa tugas Anda sangat banyak di setiap hari Senin, tidak ada salahnya jika mengenakan pakaian kesukaan Anda. Pilih juga warna-warna yang lebih cerah dengan model terfavorit.

Jangan lupa menyiapkan pakaian favorit yang akan digunakan tersebut pada hari Minggu. Ini penting agar di Senin pagi saat hendak berangkat, Anda tidak merasa bingung lagi memilih baju yang akan dipakai. Jika tidak, Anda justru akan terburu-buru dan merusak mood Anda nantinya.

Bangunlah Lebih Awal, Jangan Sampai Kesiangan

Agar Anda dapat lebih menikmati hari Senin, Anda harus bangun lebih awal dibanding hari-hari sebelumnya. Paling tidak, jangan sampai Anda kesiangan. Ini penting agar Anda lebih mempersiapkan diri dari semua keperluan dan tanggung jawab yang harus dilakukan.

Perlu diingat juga, bahwa bangun lebih awal juga dipercaya membuat kepribadian seseorang lebih baik karena badan akan bugar setelah menghirup udara yang segar. Selain itu, akan meningkatkan rasa percaya diri karena sudah mempersiapkan segala sesuatunya lebih lama ketimbang mereka yang bangun terlambat.

Mendengarkan Musik Selama di Perjalanan Menuju Kantor

Musik dipercaya dapat membuat pikiran rileks. Untuk itu, sebaiknya dengarkan musik selama perjalanan Anda menuju kantor atau tempat beraktivitas lainnya. Jangan lupa juga untuk memilih jenis musik yang tepat.

Jangan sampai Anda mendengarkan musik yang memiliki lirik sedih dan justru akan membuat mood Anda menjadi sendu. Maka, pilihlah musik yang memberikan Anda energi dan semangat dalam menjalani hari. Musik tersebut juga bisa membangun mood Anda untuk lebih baik. Ketika mood Anda baik, maka Anda akan lebih mudah mengerjakan berbagai tugas yang sudah menumpuk di kantor.

Komunikasi dengan Rekan Kerja

Nah, sesampainya di tempat beraktivitas, jangan lewatkan waktu tanpa berkomunikasi sama sekali. Sebaiknya Anda menjalin komunikasi dengan rekan kerja. Meski obrolan hanya bersifat ringan saja seperti tegur sapa, tapi hal itu juga akan membuat hari Anda lebih baik.

Buatlah Rencana Santai di Pengujung Hari

Setelah melalui aktivitas yang sangat padat tersebut di awal pekan, tidak ada salahnya untuk memanjakan diri Anda sejenak di penghujung hari. Anda bisa melakukannya sendiri atau pun bersama teman-teman hanya sekedar menyecap makanan ringan atau kopi di tempat-tempat hangout.

Ini akan membuat hari Senin Anda terasa menyenangkan setelah seharian melakukan aktivitas. Setidaknya udara yang Anda hirup akan terasa lebih segar ketika beban pikiran berkurang setelah dihadapkan berbagai tugas bahkan deadline yang pendek.

Bersabarlah

Berhentilah mengecek jam. Jika atasan mengetahui bahwa Anda seharian menatap jam, dia akan berpikiran buruk terhadap Anda karena dinilai tidak sungguh-sungguh dalam bekerja. Bahkan dengan terlalu sering menatap jam, maka bisa memengaruhi psikologis Anda dan justru akan membuat waktu terasa lambat berputar.

Untuk itu, bersabarlah. Segala sesuatu memiliki masa akhir masing-masing, termasuk Hari Senin. Kerjakanlah semua hal yang telah menjadi tanggung jawab Anda. Tidak peduli jika Anda bosan, muak, atau ingin segera pulang, Anda tetap harus menyelesaikan pekerjaan Anda, bukan?

Jangan Benci, Jadikan Hari Senin Anda Menyenangkan!

Mulai saat ini, berhentilah menganggap bahwa hari Senin adalah musuh dan membencinya. Anda masih bisa menikmati hari yang menyenangkan meski di awal pekan, yang seolah tak ingin hari Minggu berlalu begitu saja. Jangan terlalu dirasakan bahwa hari Senin itu beban.

Tugas yang menumpuk tersebut pun juga akan selesai jika langsung Anda kerjakan. Tetaplah menjaga integritas, apapun yang terjadi, bekerjalah sesuai tanggung jawab Anda. Senin hingga Minggu adalah hari yang memiliki keistimewaannya masing-masing. Tetap semangat, jadikan hari Senin Anda menyenangkan!

Sumber/Rewrite: republika.com/Rahmat Sularso Nh.
Lebih baru Lebih lama