Gerakan split oleh peserta didik. (Rabithah)


TEMBELANG –
Kondisi tubuh yang sehat akan semakin mendukung jalannya aktivitas pembelajaran di satuan pendidikan. Selain membuat peserta didik lebih bersemangat datang ke satuan pendidikan, kesehatan juga akan membantu konsentrasi dalam pembahaman materi ajar yang disampaikan oleh guru.

Penjaringan atlet sudah dilakukan sedari Kelas I yang memfokuskan pada postur, kekuatan fisik, kelenturan, kesediaan mengikuti pelbagai program pelatihan.

SDN Gabusbanaran Tembelang pun sangat memperhatikan kesehatan peserta didiknya. Apalagi setelah mengetahui efek positif yang ditimbulkannya, jadi secara rutin digelar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) baik melalui mata pelajaran yang maupun ekstrakurikuler.

Baca Juga: O2SN Menjaring Atlet Terbaik

Kepala SDN Gabusbanaran Tembelang, Sugeng Subagya, S.Pd. mengatakan cukup banyak pilihan olahraga yang bisa dinikmati dan digeluti peserta didik dalam ekstrakurikuler. Dari atletik, sepak bola, sepak takraw, ranang, basket, bola voli, dan senam artistik. Kebanyakan peserta didik memilih bola voli karena lebih biasa dilakukan di kesehariannya.

Jajaran Guru SDN Gabusbanaran Tembelang. (Rabithah)

Pria yang sebelumnya juga berkarir sebagai guru PJOK itu menjelaskan, “Untuk itu bola voli kami fasilitasi dengan serius. Bisa jadi baik tim putra dan putri nantinya akan menghantarkan meraih prestasi dan mengharumkan satuan pendidikan yang memiliki 131 peserta didik ini. Sekarang yang menjadi pekerjaan rumah adalah untuk senam artistik. Belum adanya pelatih dan fasilitas yang memadami mulai dari matras, kuda pelana, palang, hingga seragam. Membuat kami tak menyerah begitu saja seraya terus berupaya sebaik mungkin.”

Peserta didik mempraktikkan gerakan Wheel Pose. (Rabithah)

Guru PJOK SDN Gabusbanaran Tembelang, Sugeng, S.Pd. menjabarkan bila tim senam artistik yang dijuluki Gabus Eagle Gymnastyc Club itu sudah ada sejak 2016 dan kini terdapat enam atlet yang rutin berlatih. Penjaringan atlet sudah dilakukan sedari Kelas I yang memfokuskan pada postur, kekuatan fisik, kelenturan, kesediaan mengikuti pelbagai program pelatihan. Tak kalah penting juga ada restu dari wali peserta didik.

Tim bola volly SDN Gabusbanaran Tembelang. (Rabithah)

“Latihan rutin digelar tiap sepekan sekali, tetapi akan lebih intensif kala mengikuti perlombaan. Biasanya sebelum perlombaan pelbagai bentuk pelatihan akan diikuti oleh peserta didik. Idealnya dibutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk mengetahui kesiapan bertanding peserta didik,” papar pria bertubuh kekar itu.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

PRESTASI OLAHRAGA SDN GABUSBANARAN TEMBELANG


1. Juara I Senam Prestasi Kecamatan Tembelang 2022

2. Juara I Renang Kecamatan Tembelang 2020

3. Juara III Bola Volly Putra dan Putri Kecamatan Tembelang 2017

4. Juara I Bola Volly Putra dan Putri Kecamatan Tembelang 2018

5. Juara I Bola Volly Putra dan Putri Kecamatan Tembelang 2019

6. Juara III Flic-flac Kabupaten Jombang 2017 dan 2018

7. Juara II Hand Spring Kabupaten Jombang 2017 dan 2018

8. Juara III Forward roll Kabupaten Jombang 2017 dan 2018

9. Juara I Salto depan Kabupaten Jombang 2017 dan 2018

Lebih baru Lebih lama