Ujian akhir SMP Negeri 1 Perak yang sudah terkoneksi dengan gawai peserta didik. (Donny)


PERAK – Kemajuan teknologi tak dapat dihindari bahkan di tolak. Termasuk dalam dunia pendidikan, teknologi seakan semakin mempermudah. Seperti halnya ketika Covid-19 menghampar bebas di Jombang. Teknologi adalah kunci menjalankan pendidikan saat itu.

Melalui serangkaian teknologi yang ada, dapat menjadi medium dalam mengembangkan pembelajaran supaya lebih hidup dan memberikan makna terdalam bagi peserta didik. SMP Negeri 1 Perak pun merasakan perubahan ini, sehingga dimanfaatkan dalam merubah skema pembelajaran agar lebih bervariasi dan dapat diterima oleh peserta didik keseluruhan.

Melalui pemanfaatan Studio Pembelajaran, para guru kini sudah memahami penggunaan perangkat lunak semacam Zoom Meeting, Microsoft 365, dan sejenisnya.

Kepala SMP Negeri 1 Perak, Kurniadi, S.Pd., M.Pd. menuturkan, guru dapat menjadikan kemajuan teknologi dalam mencari dan mempelajari pelbagai hal-hal baru dalam pengajaran. Berikutnya disesuaikan dengan kondisi peserta didik serta satuan pendidikan untuk diadopsi dan dikembangkan menjadi metode pembelajaran terkini.

Baca Juga: Berbagi Kebaikan di Daerah Terpencil

“Di SMP Negeri 1 Perak disediakan Studio Pembelajaran yang bisa digunakan dalam mengulas pembelajaran oleh peserta didik sewaktu-waktu. Dengan demikian perlahan para guru mengalami mobilisasi keilmuan dengan saling bertukar gagasan dan pemahaman antar satu dengan lainnya. Sehingga produktivitas dan hasil pembelajaran pun semakin berwarna,” tutur Kurniadi.

Kurniadi bersama Tutik Mulyaningsih sewaktu membuat video pembelajaran. (Donny)

Operator SMP Negeri 1 Perak, Prayogik Atmo Sudarjo, A.Md. menjelaskan, upaya pengembangan teknologi digital juga bekerjasama dengan website sahabat siswa. Isinya cukup membantu para guru dalam mengarsipkan soal maupun mengunggah data penilaian hasil ulangan harian dan ujian semester. Selain itu, peserta didik juga dapat terhubung untuk mengakses informasi dan hasil nilai harian, ulangan, maupun ujian, namun terlebih dahulu mesti login melalui nomor induk peserta didik masing-masing.

Soal ujian yang terarsip dalam laman SMP Negeri 1 Perak. (Donny)

Wakil Kepala SMP Negeri 1 Perak, Bidang Kesiswaan, Tutik Mulyaningsih, S.Pd. membenarkan, melalui pemanfaatan Studio Pembelajaran, para guru kini sudah memahami penggunaan perangkat lunak semacam Zoom Meeting, Microsoft 365, dan sejenisnya. Hal tersebut juga tak terlepas atas hasil beberapa bimbingan teknis dari organisasi mitra belajar para guru yang diselenggarakan oleh SMP Negeri 1 Perak, maupun diikuti oleh para guru secara mandiri.

Tampilan laman website SMP Negeri 1 Perak. (Donny)

Tutik Mulyaningsih menjabarkan, “Maka dari itu, kami telah membiasakan bentuk ulangan harian maupun ujian semester berbasis gawai. Meski tidak secara keseluruhan soal diujikan ke gawai, namun melalui pembiasaan semacam ini, para guru dapat mengasah keterampilannya mengoperasikan aneka perangkat lunak dalam teknologi digital.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama