Keysha Rahma Fadilah saat mempraktikkan silat jurus golok. (Rabithah)


PERAK – Sekilas ketika berjumpa dengan Keysha Rahma Fadilah tak ada yang aneh. Peserta didik SDN Gadingmangu II Perak ini cukup bersahaja, kalem, dan tampak pendiam. Namun setelah sedikit membuka obrolan, ternyata peserta didik berhijab ini adalah Juara I Pencak Silat Putri dalam Olimpiadi Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SD Tingkat Kabupaten Jombang 2022.

Diceritakan Keysha Rahma Fadilah bahwa mulanya hanya mengikuti ekstrakurikuler seni bela diri asli nusantra ini. Namun kelamaan malah jatuh hati dan ingin mendalami secara berkelanjutan. Akhirnya ia memilih memperdalam di Sanggar Pencak Silat Budi Utomo yang tak jauh dari tempat tinggalnya.

“Selain membuat badan menjadi sehat, belajar pencak silat juga dapat sebagai pelindung diri apabila ada gangguan. Bahkan ketika saya mengikuti pencak silat, banyak menambah teman baru,” jelas Keysha Rahma Fadilah dengan senyum simpul manisnya.

Selain menempa kepiawaian dalam gerakan, juga tak lupa fisik serta mental pun harus dimatangkan. Bekal fisik serta mental akan sangat membantu dalam latihan.

Keikutsertaannya dalam O2SN mendapatkan dukungan penuh dari civitas akademik SDN Gadingmangu II Perak, orangtua, hingga pelatih sekalipun. Sehingga persipan yang memakan waktu hingga tiga bulan dan setiap harinya dilalui dengan latihan, tak membuatnya menyerah. Sebaliknya dukunga dari semua pihak semakin menjadi penyulut semangat.

Baca Juga: PIGP Tahun 2022 Melangkah Menjadi Guru Profesional

Keysha Rahma Fadilah semakin terpacu jika mempergakan jurus golok kesukaannya. Ia merasa lebih tertantang daripada dengan tangan kosong. Sehingga harus menguasai lebih baik dan memperhatikan setiap arahan sekaligus contoh yang diperagakan pelatihnya.

Keysha Rahma Fadilah saat mempraktikkan silat jurus golok. (Rabithah)

Sementara itu Pelatih Pencak Silat Sanggar Budi Utomo Perak, Iwan Setiawan, S.Pd. mengakui bahwa Keysha Rahma Fadilah termasuk mudah memahami dan menghafalkan pelbagai gerakan pencak silat. Termasuk pada jurus golok yang disukainya.

Iwan Setiawan menuturkan, “Selain menempa kepiawaian dalam gerakan, juga tak lupa fisik serta mental pun harus dimatangkan. Bekal fisik serta mental akan sangat membantu dalam latihan.”

Keysha Rahma Fadilah saat mempraktikkan silat jurus golok. (Rabithah)

Kepala SDN Gadingmangu II Perak, Purwoto, S.Pd. menjelaskan bahwa sangat bangga dengan prestasi yang telah diraih peserta didiknya ini. Tak lupa berpesan bahwa bakat yang dimiliki ini harus ditularkan kepada teman yang lain. Juga kian memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pencak silat apabila dilatih dengan baik maka akan sangat berdampak positif bagi semuanya.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

KEYSHA RAHMA FADILAH


Umur : 11 tahun

Cita-cita : Atlet pencak silat nasional

Atlet pencak silat idola : Puspa Arum

Lebih baru Lebih lama