Praktik menggambar Komik Pelajar Pancasila. (ist)


JOMBANG – Kelompok Guru Penggerakdi Jombang mulai mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila (PPP) dalam bentuk lokakarya pembuatan Komik PPP. Diterangkan oleh Guru Penggerak Kelas IV, SDN Kepanjen II Jombang, Wiwik Andriani, S.Pd. proses pembuatannya dibagi menjadi dua, pertama pewarnaan sedangkan kedua dikenalkan enam aspek dalam PPP. Mulai dari Beriman, Bertakwa, Berahlak Mulia, Mandiri, Gotong Royong, Berkhebinekaan Global, Bernalar Kritis, dan Kreatif.

Anak didik suka dengan dongeng. Kesukaan itu dapat dimanfaatkan sebagai pemantik penanaman nilai-nilai luhur dan pengembangan imajinasi anak didik.

Wiwik Andirani menjelaskan, “Sebelumnya peserta didik diminta memilih aspek yang nyaman bagi mereka. Kemudian dibebaskan berimajinasi sesuai dengan aspek yang dipilih sebagai tema utamanya. Selanjutnya peserta didik akan menggambar sesuai dari yang dibayangkan. Jadi, nantinya diakhir akan bukukan.”

Baca Juga: SDN Brudu Sumobito Pelajari Sejarah Melalui Seni Pertunjukan

Sementara itu, Guru Kelompok B, TK Pertiwi II Jombang, Lutik Tria Utami, S.Pd. dijenjang TK implementasinya bukan saja menggambar, melainkan anak didik akan menceritakan hasil lokakaryanya. Disamping itu juga bisa menjadi kesempatan dalam mengenalkan intisari dari lima dasar negara dengan pola yang kreatif.

Permainan mengenal materi Profil Pelajar Pancasila. (ist)

“Anak didik suka dengan dongeng. Kesukaan itu dapat dimanfaatkan sebagai pemantik penanaman nilai-nilai luhur dan pengembangan imajinasi anak didik,” jelas Lutik Tria Utami.

Pemberian materi komik kepada peserta didik Kelas IV SDN Kepanjen II Jombang. (ist)

Guru Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 3 Peterongan, Laily Syarifah, M.Pd.I mengaku senang adanya kolaborasi apik dalam lokakarya ini. Meski berbeda jenjang pendidikan namun masih ada tali kesamaan visi sehingga dapat diejawantahkan dalam konsep pembelajaran yang kreatif.

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Lebih baru Lebih lama