Pelaksanaan Lomba Keagamaan SD Tingkat Kecamatan Megaluh, kategori kaligrafi. (Rabithah)


JOMBANG – Anggota tiga pilar keagamaan yang terdiri dari Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Pembimbing Muatan Lokal (Mulok) Keagamaan serta Pembina Pendidikan Diniyah Wilayah Kerja Pendidikan Kecamatan se Kabupaten Jombang saat ini sedang disibukkan dengan pelbagai perlombaan. Momen ini tentu menjadi ajang unjuk gigi setiap satuan pendidikan bahwa telah berhasil membina peserta didiknya di bidang keagamaan.

Ajang tersebut selain menjadi ajang kompetisi juga diharapkan dapat memotivasi baik guru maupun peserta didik untuk lebih semangat lagi dalam mengejawantahkan program Mulok Keagamaan dan Pendidikan Diniyah.

Dua diantaranya adalah kecamatan Bandar Kedungmulyo yang berlangsung pada Selasa, (27/9) yang bertempat di Aula Serbaguna Masjid Moeldoko dan SDN Kayen. Sedangkan Kecamatan Megaluh pada Rabu (28/9) bertempat di SDN Sumberagung Megaluh. Kedua kecamatan tersebut kompak memperlombakan tujuh kategori yaitu Musabaqoh Tilawatil Quran; al banjari; kaligrafi; pemilihan dai cilik; baca kitab kuning; tartil dan tahfiz.

Baca Juga: Tapel 2022/2023 Anggaran Disikbud Kabupaten Jombang Menjulang

Ketua Pelaksana Lomba Keagamaan SD Tingkat Kecamatan Bandar Kedungmulyo yang juga menjabat Guru PAI SDN Pucangsimo Bandar Kedungmulyo, Irkham, S.Pd.I. menyampaikan bahwa gelaran lomba ini dalam rangka pelaksanaan program kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang tahun 2022. Berlangsungnya ajang ini diharapkan dapat mengembangkan kegiatan pembinaan minat, bakat dan kreatifitas.

Pelaksanaan Lomba Keagamaan SD Tingkat Kecamatan Megaluh, kategori Pildacil. (Rabithah)

Salah satu Guru Mulok Kegamaan, Widoyanto, S.Pd. mengharapkan bahwa ajang ini dapat menjaring peserta didik berprestasi dalam bidang keagamaan islam. Sehingga nantinya dapat bersaing di tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional seraya bisa mengharumkan nama baik Kota Santri.

Pelaksanaan Lomba Keagamaan SD Tingkat Kecamatan Megaluh, kategori al banjari. (Rabithah)

Sementara itu, Ketua Pelaksana Lomba Keagamaan SD Tingkat Kecamatan Megaluh, Shindi Romahdoni, S.Pd. mengutarakan bahwa persiapan gelaran lomba kali ini berlangsung dua minggu sebelumnya. Panitia merupakan perwakilan guru tiga pilar keagamaan yang berjumlah 23 orang. Pemenang akan dipilih enam terbaik diantaranya juara I, II dan III serta Harapan I, II dan III.

Pelaksanaan Lomba Keagamaan SD Tingkat Kecamatan Bandar Kedungmulyo, kategori kaligrafi. (ist)

Kepala SDN Sumberagung Megaluh, Sri Lestari S.Pd.SD. menandaskan bahwa ajang tersebut selaian menjadi ajang kompetisi juga diharapkan dapat memotivasi baik guru maupun peserta didik untuk lebih semangat lagi dalam mengejawantahkan program Mulok Keagamaan dan Pendidikan Diniyah. Sehingga apabila kedepannya terdapat ajang serupa pada level yang lebih tinggi, Kecamatan Megaluh telah memiliki pemetaan peserta didik yang berpotensi untuk meraih hasil terbaik.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

Lebih baru Lebih lama