Infografis Menyempurnakan Bahasa Indonesia Lewat EYD. (Dok.MSP)


Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) merupakan komponen dasar untuk memahami serta menguasai Bahasa Indonesia secara laik. Oleh karenanya, dibutuhkan sebuah formula pembelajaran EYD agar mudah diingat dan diterapkan peserta didik ketika mempelajari Bahasa Indonesia.

Memperbanyak Literatur

EYD sebagai produk praktik berbahasa Indonesia, memerlukan banyak literatur yang dalam hal ini dibutuhkan serta wajib diperbanyak seorang guru. Hal ini cukup penting agar ketika menerapkan pembelajaran EYD tidak semata terpaku pada satu sumber. Semakin banyak literatur, maka semakin memperkaya referensi yang berbuah pada kreativitas metode pengajaran.

Praktik Intensif

Belajar EYD secara efektif bersama peserta didik dapat dilatih dengan mengajak mereka menulis karangan sederhana. Ihwal ide awal atau gagasan pembangun cerita, peserta didik bisa diajak menuliskan aktivitas kesehariannya dalam beberapa paragraf. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan menuliskan pengamatan sederhana mengenai objek ataupun peristiwa yang ada diluar kelas. Setelah dituliskan, maka guru memberikan koreksi mengenai penggunaan EYD secara tepat. Sehingga guru tidak hanya menuliskan atau membacakan karangan dari buku, yang kemudian dituliskan oleh peserta didik.

Jelajah Gambar dan EYD

Melalui sebuah gambar peserta didik dapat menangkap fakta, gagasan, serta kata yang terkandung di dalamnya. Untuk itu, memahamkan EYD pada peserta didik dapat dilakukan dengan menggunakan permainan jelajah gambar. Praktiknya, guru membuat gambar seri yang berisi serangkaian tema sebagai ide awal penulisan karangan. Selanjutnya, diisi pertanyaan dan jawabannya dituliskan oleh peserta didik. Usai menuliskan jawaban tersebut, dapat dilanjutkan dengan permainan Jelajah EYD. Penerapannya, dapat dibentuk pos atau kelompok yang memiliki tujuan untuk mengetahui fungsi serta letak ejaan secara tepat.

Sumber : Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No.1. 2016.

Olah Data : Balitbang Majalah Suara Pendidikan

Lebih baru Lebih lama