Penampilan salah satu peserta didik SLB Negeri Balongsari Megaluh. (ist)


JOMBANG – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2022/2023 meski telah rampung terselenggara, namun masih menyisakan kenangan membanggakan bagi segenap civitas akademika Sekolah Luar Biasa (SLB) Se Kabupaten Jombang. Hal ini disebabkan banyaknya apresiasi yang tersuguh kala pelaksanaan MPLS dari pelbagai pihak.

Seperti dari Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK), Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Suhartono, M.Pd. yang menuturkan bidang tersebut memiliki kewenangan memastikan keberlangsungan pendidikan layanan inklusif, pendidikan cerdas istimewa, pendidikan di daerah terpencil, dan tidak mampu dari segi sosial ekonomi.

Berharap setelah terselenggaranya acara ini dapat kian meneguhkan kekompakkan para kepala SLB untuk menempa peserta didiknya di bidang akademik maupun non akademik.

Diterangkan oleh Kepala Seksi SMA, PK-PLK, Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Jombang, Aisyah, M.Pd. bahwa agenda pembinaan kepala SLB Se Kabupaten Jombang berlangsung pada Rabu (20/7) bertempat di SLB Negeri Jombang. Acara tersebut diikuti oleh empat belas Kepala SLB swasta dan satu Kepala SLB Negeri.

Baca Juga: Aplikasi Sukma-E Santri Menjaga Kualitas Pelayanan Publik

Aisyah membeberkan, “Agenda utama pembinaan tersebut menyasar pada pelaksanaan MPLS Tahun Pelajaran 2022/2023. Pelaksanaan MPLS bagi peserta didik PK-PLK dilakukan dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan satuan pendidikan sebagai tempat belajar yang nyaman.”

Kepala SLB Negeri Balongsari Megaluh sekaligus Pelaksana Tugas SLB Negeri Jombang, Kholil, S.Pd., M.Pd. (Rabithah)

Terdapat 16 satuan pendidikan SLB di Kota Santri yang harus melaporkan hasil kegiatan MPLS, ujar Aisyah. Berdasarkan hasil pembinaan tak ada temuan yang negatif, melainkan banjir apresiasi dari Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK), Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur berserta tim yang hadir secara langsung. Hal ini ditengarai lantaran hampir di setiap satuan pendidikan mengemas MPLS dengan kreatif, seperti menampilkan bakat dan potensi peserta didiknya.

Seluruh kepala SLB yang hadir. (ist)

Lebih detail dijelaskan oleh, Kepala SLB Negeri Balongsari Megaluh sekaligus Pelaksana Tugas SLB Negeri Jombang, Kholil, S.Pd., M.Pd. bahwa selain melengkapi berkas administrasi laporan MPLS, para kepala SLB juga menyuguhkan penampilan langsung peserta didik. Diantaranya adalah, pentas menyanyi dari SLB Negeri Balongsari Megaluh; pantomin oleh SLB Negeri Jombang; seni tari dipersembahkan SLB Tunas Harapan 4 Sumobito; seni musik dan aransemen disajikan SLB Tunas Harapan 3 Mojoagung dan masih banyak lainnya.

Kepala Bidang PK-PLK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur bersama jajaran pegawai Cabdin Kabupaten Jombang dan seluruh kepala SLB se Kabupaten Jombang. (ist)

“Persiapan yang terbilang mepet hanya dua hari, namun sangat bersyukur dapat mengikuti pembinaan dengan lancar dan hasil yang memuaskan. Berharap setelah terselenggaranya acara ini dapat kian meneguhkan kekompakkan para kepala SLB untuk menempa peserta didiknya di bidang akademik maupun non akademik,” pungkas Kholil.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

Lebih baru Lebih lama