Para pemenang ganda putri. (Ist)


JOMBANG – Klub olahraga bernama pickleball ini memang belum sepopuler olahraga lainnya seperti bulutangkis dan sepakbola, kendati demikian meski belum genap satu tahun diresmikan namun telah mampu menunjukkan eksistensinya. Salah satunya yaitu berhasil menyelenggarakan kejuaraan tingkat Kabupaten Jombang yang diberi nama Pickleball Cup I Jombang 2022.

Kelas pelajar merupakan satuan pendidikan jenjang SMP negeri atau swasta. Namun untuk kelas umum diikuti satuan pendidikan jenjang SMA sederajat, tenaga kependidikan atau bapak ibu guru.

Kejuaraan yang berlangsung dengan menjunjung sportifitas tersebut bertempat di SMP Negeri 1 Perak pada Selasa s.d Sabtu (13-17/9). Pesertanya pun terbilang cukup banyak, namun hanya didominasi beberapa beberapa satuan pendidikan di lima kecamatan saja.

Baca Juga: HUT IPI Kabupaten Jombang, Merefleksi Profesionalisme Kinerja

Upacara pembukaan Pickleball Cup I Jombang 2022 yang langsung dihadiri oleh Ketua Umum Pickleball Klub Kabupaten Jombang, Senen, S.Sos.,M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat Kota Santri patut berbangga lantaran telah resmi memiliki pengurus yang menaungi olahraga pickleball, lantaran tak semua kabupaten atau kota di Jawa Timur mampu meresmikannya. Lebih dari itu, perlu diapresiasi untuk satuan pendidikan yang mampu mengirimkan delegasi peserta didiknya atau bahkan gurunya untuk turut serta berjuang.

Sekretaris klub Pickleball Jombang saat memberikan piala. (Ist)

Ketua Panitia Pickleball Cup I Jombang 2022, Imam Suhardi, S.Pd. memaparkan bahwa kejuaraan yang baru pertama kali digelar ini akan menjadi agenda rutin saban tahun. Untuk tahun ini peserta yang mendaftar berjumlah 125 terbagi menjadi dua kelas yaitu, kelas pelajar dengan kategori tunggal putra dan putri; kategori ganda putra dan putri, kategori campuran. Sedangkan untuk kelas umum terdiri dari ganda putra dan putri serta campuran.

Jajaran pemenang kategori umum yang diikuti oleh bapak ibu guru. (Ist)

Imam Suhardi yang juga menjabat Kepala SMP Negeri 1 Tembelang itu mengutarakan bahwa kelas pelajar merupakan satuan pendidikan jenjang SMP negeri atau swasta. Namun untuk kelas umum diikuti satuan pendidikan jenjang SMA sederajat, tenaga kependidikan atau bapak ibu guru. Pertandingan berlangsung selama empat hari dan pada hari berikutnya pengumuman para pemenang serta pemberian piala. Pemenang nantinya akan mewakili Jombang dalam kejuaraan pickleball tingkat Provinsi pada bulan Oktober di Kabupaten Mojokerto.

Daftar para juara. (Ist)

Sementara itu, Sekretaris Klub Pickleball Jombang, Moh Romli, S.Pd.,M.Pd. menyampaikan bahwa pada babak penyisihan pertarungan antar peserta cenderung terjadi gap atau jarak skor yang lumayan tinggi. Namun setelah masuk pada putaran semi final dan final terdapat pertarungan yang sangat sengit, dapat dilihat dari skor yang dihasilkan juga tak terpaut jarak yang jauh, misalnya saja pada tunggal putri antara peserta didik asal SMP Negeri 1 Tembelang dan SMP Negeri 3 Peterongan. Hal ini menunjukkan bahwa para pemenang memang memiliki persiapan dan jam terbang latihan yang lebih matang daripada peserta yang lebih dulu tumbang di babak penyisihan.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

Lebih baru Lebih lama