Keseruan lomba menggiring bola dengan penutup wajah. (Donny)


JOMBANG – Keberadaan organisasi profesi dalam dunia pendidikan sebagai salah satu unsur pendukung yang berperan penting dalam meningkatkan kompetensi pedagogik para pendidik, tentu membutuhkan refleksi sekaligus evaluasi kinerja bagi para anggotannya. Hal ini mutlak diperlukan supaya irama kerja antar anggota dapat selaras sekaligus mampu menjawab tantangan dunia pendidikan yang kian dinamis saat ini.

Kebersamaan yang dilandasi semangat kemandirian memang menjadi modal utama dalam penyuksesan acara kali ini. Sehingga kedepannya tidak menutup kemungkinan untuk diagendakan secara meriah dengan melibatkan organisasi serupa.

Untuk itulah dalam memperingati hari jadinya yang ke-16 tahun pada Jumat (16/9), Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Kabupaten Jombang menghelat kegiatan yang bertujuan memupuk kekompakan antar anggota. Bertempat di Gedung Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Jombang, acara diawali dengan senam pagi bersama seluruh Penilik se-Kabupaten Jombang, fun games, dan ditutup dengan refleksi kinerja sekaligus pemotongan dua buah tumpeng.

Baca Juga: Membuka Tabir Karakteristik Kurikulum Merdeka

Ketua IPI Kabupaten Jombang, Khoirul Anam, S.Pd. menjelaskan, peringatan hari lahir IPI yang untuk pertama kalinya ini memang sengaja dikonsep secara sederhana. Kendati demikian, tak lantas menyurutkan gairah seluruh anggota untuk larut dalam suasana kebersamaan.

Senam pagi yang diikuti oleh seluruh Penilik se-Kabupaten Jombang. (Donny)

“Selain kebersamaan, esensi lainnya juga kita tanamkan pada penjabaran refleksi yang memuat pokok kinerja Penilik. Diantaranya, moral, etika, dan pengabadian dalam membersamai pengembangan mutu satuan pendidikan di jenjang Non-Formal. Tentunya dari acara ini kedepannya seluruh Penilik harus senantiasa mematangkan dan meningkatkan kerjanya,” ujar Khoirul Anam.

Kemeriahan omba memasukan topi. (Donny)

Dibenarkan oleh Sekretaris II IPI Kabupaten Jombang, M.Nasirodin, S.Pd. bahwa kebersamaan yang dilandasi semangat kemandirian memang menjadi modal utama dalam penyuksesan acara kali ini. Sehingga kedepannya tidak menutup kemungkinan untuk diagendakan secara meriah dengan melibatkan organisasi serupa.

Acara inti yang diisi sambutan, refleksi, dan dilanjutkan potong tumpeng. (Donny)

M. Nasirodin mengatakan, “Selanjutnya memang telah kita upayakan agar terdapat transformasi yang signifikan di tubuh IPI Kabupaten Jombang. Mulai dari kinerja sampai bentuk acara hari jadi berikutnya yang sudah kita siapkan untuk menggandeng Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Jombang. Dengan harapan terjalin harmonisasi kinerja antar dua organisasi profesi ini.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama