Anak didik makan dengan mandiri. (Rabithah)


MEGALUH – Banyak kegiatan sederhana bagi anak usia dini yang sesungguhnya sangat berarti bagi mereka kelak ketika sudah beranjak dewasa. Seperti contohnya pembiasaan makan bersama, sekilas terlihat biasa saja. Namun sesusungguhnya dibalik kegiatan makan bersama tersebut, ada upaya pembiasaan makan makanan yang sehat serta mendorong pertumbuhan anak didik lebih baik lagi.

Dikesempatan kegiatan makan bersama tersebut, kita memiliki peluang untuk mengajari anak didik dalam mengenalkan beragam jenis bahan makanan. Termasuk buah-buahan dan sayuran, bahkan bumbu dapur hingga cara memasaknya.

TK Pertiwi Megaluh yang mengetahui pentingnya asupan yang bergizi serta sehat bagi anak didik, maka mulai membiasakan kegiatan makan bersama semenjak 12 tahun silam. Diakui Kepala TK Pertiwi Megaluh, Sri Sulasiatun, S.Psi. bahwa bukan hanya untuk memenuhi gizi yang seimbang guna mendukung pertumbuhan anak didik. Ibarat pepatah Sekali Dayung, Dua Tiga Pulau Terlampaui dalam kegiatan itu juga banyak mengajarkan hal-hal yang positoif.

Baca Juga: DWP Disdikbud Kabupaten Jombang Tidak Ada yang Salah dalam Berkreativitas

“Dari belajar kedisiplinan dan menumbuhkan jiwa sosial anak didik. Jadi anak didik akan diajarkan makan secara pelahan sekaligus bertanggungjawab akan wadahnya sehingga bisa lekas dibereskan sendiri. Demikian dalam menumbuhkan jiwa sosial dengan berbagi bersama teman-teman lainnya,” ujar perempuan yang juga menjabat sebagai Bendahara Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia atau IGTKI Kabupaten Jombang tersebut.

Kepala dan jajaran guru TK Pertiwi Megaluh. (Rabithah)

Guru Kelas B, TK Pertiwi Megaluh, Alany Saufatin menjelaskan pelaksanaannya sebelum sekali untuk program makan bersama ini. Secara teknis bisa dilangsungkan di satuan pendidikan maupun rumah salah satu anak didik. Tujuannya tiada lain membangun keakraban dan komunikasi yang baik dengan wali anak didik.

Melafalkan doa sebelum makan. (Rabithah)

Alany Saufatin menjelaskan, “Dikesempatan kegiatan makan bersama tersebut, kita memiliki peluang untuk mengajari anak didik dalam mengenalkan beragam jenis bahan makanan. Termasuk buah-buahan dan sayuran, bahkan bumbu dapur hingga cara memasaknya. Juga mengajari anak didik soal varian rasa yang bisa dicicip pula.”

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

TK PERTIWI MEGALUH


Jumlah guru : 4

Jumlah anak didik : 42

Program unggulan : Drum band, rekreasi, makan bersama, dan pembiasaan doa sehari-hari.

Prestasi : a. 10 Terbaik Lomba Mewarnai Media Tas Kabupaten Jombang 2021.

b. Finalis Lomba Mewarnai Media Tas tingkat Provinsi Jawa Timur 2022.

c. Juara III Lomba Mewarnai IGTKI Kabupaten Jombang tahun 2021.

Setelah makan, anak didik mencuci peralatan makan. (Rabithah)


Anak didik mencuci tangan sebelum makan bersama. (Rabithah)

Lebih baru Lebih lama