Kedua Tim Putri cukup cekatan sewaktu berbalas serangan. (Donny)


PLANDAAN – Puluhan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kecamatan Plandaan pada Rabu pagi (14/9) nampak sibuk menyiapkan dua arena Bola Vola Mini di Lapangan SDN Karangmojo II Plandaan. Menghadap ke utara dan selatan, kedua gelanggang dipasangi dua buah net yang masing-masing berukuran panjang 7 meter dan lebar 9 cm. Tak lupa, medan pertandingan turut digaris putih dari kapur, yang membujur 12 meter dengan luas 5,5 meter.

Kesiapan yang dilakukan tentu bukan tanpa alasan. Lantaran, di hari dan waktu yang sama itulah Tim Bola Voli Mini Kecamatan Plandaan akan menjajal ketangguhan tamunya yakni Tim Bola Mini Kecamatan Perak dalam laga persabahatan jelang babak penyisihan Cabang Olahraga Bola Voli mini pada (28-29/9) di ajang Pekan Olahraga (POR) jenjang SD Tingkat Kabupaten Jombang Tahun 2022.

Tak cukup hanya fisik dan teknik. Mental juga perlu dilatih supaya di babak penyisihan anak-anak tak sampai mengalami yang namanya demam panggung.

Koordinator Laga Persahabatan yang juga Plt. Kepala SDN Tondowulan I Plandaan, Jupri Supratikno, S.Pd, menjelaskan, keseluruhan punggawa tim merupakan peserta didik yang sudah lolos seleksi di tingkat kecamatan. Sehingga kompetensinya sudah laik untuk bertanding di level kabupaten.

Baca Juga: TK Pertiwi II Ngoro Rebana Komprador Pembelajar dan Minat

“Untuk Tim Bola Voli Mini Kecamatan Plandaan, sudah terseleksi dari SDN Karangmojo I-II, Jatimlerek I-II, Gebangbunder, Kampungbaru, Bangsri, Plandaan dan Sumberjo II. Sedangkan untuk Tim Bola Voli Mini Kecamatan Perak jumlahnya sama, namun terbanyak diambil dari SDN Kepuhkajang II Perak,” jelas Jupri Supratikno.

Keseruan perebutan bola di pertandingan Tim Putra. (Donny)

Duel persahabatan yang menggunakan sistem 25 poin setiap satu set, sebagaimana petunjuk teknis POR SD yang ditetapkan oleh Bidang Pembinaan SD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang, berlangsung cukup sengit. Kedua tim, baik putra dan putri saling berbalas serangan. Bahkan tak jarang kontak fisik dalam menghalau smash tersaji sepanjang laga. Hingga peluit akhir dibunyikan, kemenangan berhasil diraih Tim Bola Voli Mini Putri Kecamatan Perak. Lalu untuk Tim Bola Voli Mini Putra kedua kecamatan harus puas berbagi angka, alias seri.

Bersiap menerima serangan lawan. (Donny)

Koordinator Wilayah Kerja Pendidikan (Korwilker) Kecamatan Plandaan, Drs. Sugeng Purwono, M.Pd. mengaku cukup senang atas digelarnya laga persahabatan ini. Menurutnya, selain menjadi ajang silahturahmi Guru PJOK Kecamatan Perak dan Plandaan, esensi lainnya juga mencakup kesiapan mental kedua tim.

Sugeng Purwono mengatakan, “Tak cukup hanya fisik dan teknik. Mental juga perlu dilatih supaya di babak penyisihan anak-anak tak sampai mengalami yang namanya demam panggung.”

Pembina Tim Putri saling atur strategi saat turun minum. (Donny)

Dibenarkan oleh Korwilker Kecamatan Perak, Sudarsono, S.Pd. laga yang menjadi bekal kesiapan tim memang perlu diimbangi dengan ketangguhan mental. Tujuannya, supaya hasil akhir berupa kemenangan mampu direngkuh secara maksimal hingga sanggup menorehkan gelar juara di ujung turnamen.

“Akan tetapi jauh sebelum melangkah ke tahap juara, tak lupa dalam pertemuan ini juga menjadi evaluasi bersama atas segala aspek yang mesti diperbaiki di masing-masing tim. Sehingga, kematangan tim dari segi teknik, fisik, mental akan terbentuk sempurna,” tandas Sudarsono.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama