Dian Yunitasari saat menampilkan kesenian lokal yaitu Besutan. (Rabithah)


JOMBANG – Guna memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Jombang yang ke-112 pelbagai acara dihelat dengan sangat meriah. Salah satunya yang paling ditunggu-tunggu oleh khalayak ramai adalah acara Pemecahan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) pada Pagelaran Tari Remo Boletan Massal pada Selasa (11/10).

Para dewan kehormatan Muri dari hari sebelumnya telah mengalkulasi jumlah peserta yang berpartisipasi. Selain itu juga pengecekan laporan latihan dan gladi bersih.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Dian Yunitasari, M.Pd. menyampaikan bahwa Acara difokuskan pada panggung utama yang berada di seputaran Alun-alun Kabupaten Jombang. Tercatat ada 70 titik venue yang terdiri dari sepanjang jalan KH. Wahid Hasyim Jombang; Lapangan Wilayah Kerja Pendidikan Kecamatan; Lapangan satuan pendidikan hingga pelbagai titik lainnya.

Baca Juga: Nasi Jagung Goreng Gunawan Hasil Percobaan yang Penuh Kenikmatan

Dian Yunitasari mengatakan, “Tercatat sebanyak 41.112 perserta berhasil hadir dan menari hingga acara usai dihelat. Hal tersebut berdasarkan hitungan pada berita acara dan absensi yang disetorkan oleh masing-masing pendamping maupun penanggungjawab titik lokasi.”

Penyerahan piagam rekor muri kepada Bupati Jombang. (Rabithah)

Untuk memastikannya, para dewan kehormatan Muri dari hari sebelumnya telah mengalkulasi jumlah peserta yang berpartisipasi, papar Dian Yunitasari. Selain itu juga pengecekan laporan latihan dan gladi bersih. Lebih dari itu, saat acara berlangsung harus terhubung dengan aplikasi Zoom Meeting yang dapat dipantau secara langsung.

Peserta saat menari Remo Boletan di seputaran Alun-alun Kabupaten Jombang. (Rabithah)

Sekretaris Disdikbud Kabupaten Jombang, Bambang Rudy Tjahjo Surjono, M.Pd. memaparkan guna menuju agenda hari ini, telah banyak proses latihan hingga rapat koordinasi yang dilangsungkan. Untuk itu, sangat bersyukur acara dapat berjalan lancar. Hal ini lantaran kerjasama dan kekompakan yang ditunjukkan oleh semua pihak, seperti dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Jombang, satuan pendidikan, seniman Jombang, hingga masyarakat umumnya.

Usai menari para peserta berfoto bersama. (Rabithah)

Tak terkecuali para pegawai disdikbud Kabupaten Jombang sebagai panitia dan penanggungjawab kegiatan, ujar Bambang Rudy Tjahjo Surjono. Seluruh pegawai telah disebar di seluruh titik guna memastikan tak ada kendala di lapangan. Sehingga dengan berlangsungnya agenda ini dapat menjadi kenangan indah dalam memperingati Hari Jadi Kota Santri yang ke-112 tahun.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama