Selfi Listianingsih memberikan arahan pada peserta didik sebelum memainkan Angklung. (Donny)


NGORO – Bakat dan minat peserta didik bukanlah suatu tuah yang didapat secara tiba-tiba dari langit. Melainkan, suatu proses yang mesti dipantik dan ditempa lewat wadah kegiatan yang bermuara pada bidang akademik maupun non-akademik.

Ihwal proses tersebut, SDN Gajah 1 Ngoro dalam menyambut tahun pelajaran baru 2022/2023 sudah menggagas wadah baru untuk mengkail peminatan seni bagi peserta didiknya, melalui kesenian musik Angklung. Dipaparkan oleh Guru Kelas VI SDN Gajah 1 Ngoro, Evi Setya Tri Agustina, S.Pd, dipilihnya musik Angklung bukan tanpa alasan. Selain ringan, serta mudah dimainkan oleh peserta didik, hal lain yang melatarbelakanginya pemilihan musik Angklung ini berpedoman pada kewajiban penerapan salah satu bidang kesenian, yakni seni musik dalam implementasi kurikulum merdeka.

Dari kegiatan ekstrakurikuler terbaru ini, akan mampu menjadi lumbung prestasi bagi peserta didiknya. Terlebih sudah diampu oleh pembina yang berpengalaman di bidangnya.

“Sebagai awalan, bersama pembina yang berkompeten di bidangnya, musik Angklung ini kita kenalkan teknik memegang serta membunyikan dengan benar pada peserta didik kelas II-III. Pemfokusan kepada kedua kelas ini tidak bersifat wajib. Hanya saja, ketika peserta didik mulai menampakkan antusiasnya belajar musik Angklung, maka akan dianjutkan secara intensif pada ekstrakurikuler yang nantinya wajib diikuti saban hari Sabtu,” papar Evi Setya Tri Agustina.

Baca Juga: Liga OSIS SMP Al-Furqan Madrasatul Quran Diwek 2022 Pantik Minat Peserta Didik kepada Si Kulit Bundar

Ditambahkan oleh Pembina Ekstrakurikuler musik Angklung SDN Gajah 1 Ngoro, Selfi Listianingsih, S.Pd. guna memudahkan pemahaman peserta didik kelas dasar dalam memainkan Angklung, terdapat dua metode yang hendak diterapkan. Pertama, penunjukkan notasi angka. Dimana peserta didik diajak fokus untuk memperhatikan notasi angka nada yang sesuai dengan penomoran Angklung masing-masing. Kemudian untuk metode yang kedua, peserta didik diarahkan menghafal nada sesuai gerakan tangan. Setiap nada disimbolkan melalui gerakan tangan yang berbeda-beda.

Pelemasan tangan sebelum memainkan Angklung. (Donny)

Lebih lanjut, Selfi Listianingsih menjabarkan, “Manfaat yang dapat dituai dari memainkan musik Angklung ini cukup banyak apabila direnik. Diantaranya, melatih fokus peserta didik, melatih kolaborasi dan membentuk karakter positif karena sudah mengenal dan mampu memainkan alat musik tradisional.”


Ekspresi antusias peserta didik sewaktu bermain Angklung. (Donny)

Kepala SDN Gajah I Ngoro, Titik Rahayu Ningsih, S.Pd pun berharap, dari kegiatan ekstrakurikuler terbaru ini, akan mampu menjadi lumbung prestasi bagi peserta didiknya. Terlebih sudah diampu oleh pembina yang berpengalaman di bidangnya. Sehingga turut memudahkan untuk mempersiapkan peserta didik ketika mengikuti ajang perlombaan kesenian musik tradisional maupun kompetisi serupa.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

PROFIL SEKOLAH

Tahun Berdiri : 1913

Akreditasi : B

Jumlah Peserta Didik : 139

Jumlah Guru : 11

Prestasi :

a. Juara I Lomba Baca Kitab dan Tilawatil Quran Tingkat Kecamatan Ngoro Tahun 2021.

b. Juara I Lomba Menyanyi Lagu Nasional Putri ajang Lomba Bahasa dan Seni Siswa Tingkat Kabupaten Jombang Tahun 2021

Lebih baru Lebih lama