Materi Microsoft Word pada ekstrakurikuler TIK. (Rabithah)


PLANDAAN – Kebutuhan ilmu berbasis Teknologi Informasi Komputer (TIK) saat ini dirasa kian besar dan seakan menjadi kebutuhan pokok. Hal ini terlihat pada maraknya instansi yang telah menggunakan sistem pengolahan data berbasis komputer. Oleh karenanya, memberikan bekal pengetahuan TIK pada jenjang pendidikan dasar dirasa menjadi langkah yang tepat.

Hal inilah yang mendasari segenap civitas akademika SDN Purisemanding II Plandaan untuk melahirkan ekstrakurikuler TIK yang diberi nama Lesson TIK. Seperti yang dijelaskan Kepala SDN Purisemanding II Plandaan, Syamsuddin, S.Pd. bahwa ekstrakurikuler ini ada sejak tahun 2021 bersama dengan diterimanya bantuan sejumlah limabelas perangkat komputer dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang.

Berharap kedepannya dapat mengantarkan peserta didiknya untuk mengikuti lomba TIK. Setidaknya mengadakan lomba TIK di internal satuan pendidikan, seperti membuat presentasi dan menulis surat.

Syamsuddin yang telah menjabat Kepala satuan pendidikan selama sembilan tahun itu mengatakan, “Sebelum siap digunakan sebagai media pembelajaran, satuan pendidikan harus melengkapi sarana dan prasarana pendukung. Dari ruang laboratorium komputer yang aman lengkap dengan perabotan, instalasi listrik, penguatan jaringan Wifi yang sebelumnya hanya 20 Mbps ditambah menjadi 50 Mbps. Selanjutnya perawatan baik perangkat lunak dan perangkat keras komputernya yang harus berkelanjutan.”

Baca Juga: Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Disdikbud Kabupaten Jombang Gelar Penandatangan Laporan SPJ

Perangkat tersebut harus dimanfaatkan dengan maksimal, imbuh Syamsuddin. Diantaranya sebagai media belajar, baik bagi peserta didik, guru, maupun tenaga kependidikan. Sebagai contoh saat pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer tahun 2021 lalu berhasil menyelenggarakan secara mandiri bahkan ditumpangi empat satuan pendidikan lainnya.

Kegiaatan ekstrakurikuler TIK di Laboratorium Komputer. (Rabithah)

Perihal teknis kegiatannya, dijabarkan oleh Pembina Ekstrakurikuler TIK, SDN Purisemanding II Plandaan. Hesti Magfiroh, S.Pd. bahwa peserta didik yang tergabung dalam ekstrakurikuler tersebut berjumlah sekitar 30 peserta didik yang terdiri dari kelas IV dan V. Kegiatan berlangsung dua kali dalam satu minggu dan terbagi menjadi dua sesi menyesuaikan jumlah komputer yang ada.

Syamsuddin saat menilai hasil tugas TIK peserta didiknya. (Rabithah)

“Sedangkan perihal materi terdapat jurnal yang dirancang khusus memuat program pembelajaran selama satu tahun. Diantaranya materi dasar Microsoft Word, Power Point Text, koneksi jaringan internet, elektronik mail, dan Google,” papar perempuan asli Kabupaten Banyuwangi itu.

Kepala SDN Purisemanding II Plandaan, Syamsuddin, S.Pd. (Rabithah)

Berharap kedepannya dapat mengantarkan peserta didiknya untuk mengikuti lomba TIK, tandas Hesti Magfiroh. Setidaknya mengadakan lomba TIK di internal satuan pendidikan, seperti membuat presentasi dan menulis surat. Hal ini dilakukan agar peserta didik kian akrab dengan peranti komputer seraya menebalkan potensi dirinya.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

SDN PURISEMANDING II PLANDAAN


Jumlah Tenaga Pendidik : 15

Jumlah peserta didik : 98

Ekstrakurikuler : TIK, Pramuka, voli, seni tari, karawitan, dan al banjari

Lebih baru Lebih lama