Peserta didik yang tergabung dalam ekstrakurikuler seni tari. (ist)


PERAK – Salah satu fungsi satuan pendidikan selain menyukseskan pembelajaran juga sebagai sarana dan wadah untuk menggali potensi, minat, dan bakat peserta didik. Hal ini dapat dituangkan dalam mata pelajaran yang sesuai kurikulum dan diperkuat melalui program ekstrakurikuler. Kombinasi inilah yang sedang diupayakan di SDN Sukorejo I Perak.

Sebagaimana penuturan Kepala SDN Sukorejo I Perak, Retno Wuryaningtyas, S.Pd.SD. bahwa terdapat satu kegiatan yang sangat diminati oleh sebagian besar peserta didiknya yaitu tari kreasi. Terhitung sejak tahun 2010 diwadahi melalui ekstrakurikuler.

Retno Wuryaningtyas, menyampaikan, “Selain pada ekstrakurikuler, seni yang bertumpu pada keluwesan gerak tubuh ini juga terdapat pada pembelajaran yang ada di Kurikulum Merdeka yaitu Seni Budaya dan Prakarya. Sehingga masih setali dengan potensi yang ada di satuan pendidikan. Terlebih guna membinanya terdapat dua guru yang memiliki keahlian bidang seni tari.”

Idealnya peserta didik membutuhkan waktu berlatih sekitar dua minggu hingga tiga bulan untuk mempersiapkan sebuah pertunjukkan atau perlombaan.

Seni Budaya dan Prakarya yang dituangkan dalam tari kreasi sangat diperlukan karena didalamnya terdapat penanaman nilai edukasi dan estetika yang berakar pada tradisi, imbuh Retno Wuryaningtyas. Selain itu mampu memberikan pembelajaran tentang ketahanan fisik, seni dan rasa, baik rasa musikal, peran, gerak maupun rupa.

Baca Juga: SDN Purisemanding II Plandaan TIK Jembatan Kembangkan Kemampuan Peserta Didik

Selaras dengan hal tersebut, disampaikan oleh Pembina Ekstrakurikuler Seni Tari SDN Sukorejo I Perak, Astuty Aprianingsih, S.Pd. bahwa ekstrakurikuler dilaksanakan setiap satu minggu sekali dengan durasi dua jam setiap pertemuan. Terdapat seni tradisional remo dan tari kreasi baik itu tradisi kontemporer maupun modern.

Pembina ekstrakurikuler seni tari bersama peserta didik. (ist)

Astuty Aprianingsih yang juga mengajar di Kelas V, SDN Sukorejo I Perak ini membeberkan, “Dari hasil latihan selama ini dapat dikatakan peserta didik lebih menggandrungi seni tari kerasi. Hal ini dikarenakan tak membutuhkan waktu berlatih yang panjang dan gerakannya relatif mudah dipahami. Seni tari kreasi yang telah dikuasai peserta didik SDN Sukorejo I Perak diantaranya adalah, tari cendak ayu, dongklak, bebek, dan kontemporer bullying.”

Jajaran civitas akademika SDN Sukorejo I Perak. (ist)

Idealnya peserta didik membutuhkan waktu berlatih sekitar dua minggu hingga tiga bulan untuk mempersiapkan sebuah pertunjukkan atau perlombaan, pungkas Astuty Aprianingsih. Selain tampil pada acara yang ada di satuan pendidikan juga acapkali tampil di acara yang ada di Desa Sukorejo. Hal ini dimaksudkan agar melatih kepercayaan diri dan mental peserta didik.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

SDN SUKOREJO I PERAK


Jumlah guru : 13

Jumlah peserta didik : 135

Ekstrakurikuler : Seni tari, Pramuka, drum band, banjari, atletik.

Lebih baru Lebih lama