Rupa adonan donat yang berhasil dibentuk anak didik. (Donny)


MOJOAGUNG – Perkembangan dunia pendidikan saat ini memang sudah mengharuskan satuan pendidikan agar senantiasa berupaya menciptakan inovasi guna meningkatkan mutu pembelajaran. Tak terkecuali di jenjang PAUD, dimana seyogianya kegiatan belajar selalu dikemas dalam bentuk permainan maupun kegiatan menyenangkan yang bermuara pada daya dukung perkembangan anak didik.

Seperti halnya di TK Al-Ikhlas Mojoagung. Guna mendukung tumbuh kembang anak didiknya, setiap tiga minggu sekali diadakan kegiatan Cooking Fun dengan mengusung pelbagai tema menu makanan sehat yang berbeda-beda. Mulai dari kudapan hingga aneka olahan sayur.

Dari yang semula enggan menikmati aneka olahan sayur, kemudian setelah diadakannya Cooking Fun anak didik terbiasa dan mengerti manfaat mengkonsumsi sayuran untuk tubuhnya.

Diungkapkan oleh Kepala TK Al-Ikhlas Mojoagung, Siti Maknunah, S.Ag. landasan menelorkan kegiatan Cooking Fun karena melihat segi manfaat yang banyak didapat dalam sekali kegiatan. Diantaranya, membiasakan ketelatenan dan kreativitas anak didik sewaktu memasak, sekaligus melatih gaya hidup sehat dari makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: Bre Redana, Upaya Temukan Prespektif Menarik dalam Dunia Jurnalistik/Sastra

“Ditambah lagi anak didik dapat mempelajari semua proses hingga hasil masakan secara nyata. Sehingga melalui Cooking Fun ini, perkembangan dasar anak didik dapat ditumbuhkan bertahap. Sehubungan dengan itu pula, sewaktu anak didik ambil bagian dalam prosesi memasak, secara tidak langsung turut berimbas pada pertumbuhan motorik halus dan kasarnya,” ungkap Siti Maknunah.

Proses penggorengan donat. (Donny)

Perempuan yang akrab disapa Bu Kholik ini melanjutkan, melalui Cooking Fun, sudah banyak anak didik terbiasa lahap dengan menu aneka sayuran. Perubahan tersebut didapat karena tatkala Cooking Fun dilangsungkan, anak didik juga diberikan penjelasan mengenai macam-macam nilai gizi yang bermanfaat bagi perkembangannya.

Siti Maknunah ketika membentuk adonan donat bersama anak didik. (Donny)

Diakui oleh Guru Kelas B TK Al-Ikhlas Mojoagung, Sri Hikmah Hadiwirani, S.Ip. manfaat lain dari adanya Cooking Fun ialah mampu merubah kebiasaan anak didik dirumah. Dari yang semula enggan menikmati aneka olahan sayur, kemudian setelah diadakannya Cooking Fun anak didik terbiasa dan mengerti manfaat mengkonsumsi sayuran untuk tubuhnya.

Sri Hikmah Hadiwirani saat mendampingi anak didiknya menghias donat. (Donny)

Sri Hikmah Hadiwirani mengatakan, “Perubahan tersebut tentunya sangat di dukung wali anak didik. Sebab, mereka merasa sangat terbantu untuk membudayakan mengkonsumsi sayuran yang membantu perkembangan buah hatinya baik segi fisik maupun non-fisik.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

TK AL-IKHLAS MOJOAGUNG


Tahun Berdiri : 2003

Akreditasi : A

Jumlah Guru : 4

Jumlah Anak Didik : 38

Kegiatan Unggulan : Drumband dan Cooking Fun

Lebih baru Lebih lama