Salah satu penulis puisi terpilih, Listyo Irawati, S.Pd. dari DWP SKB Gudo. (Rabithah)


JOMBANG – Suasana berbeda tampak sedari pagi saat persiapan Rapat Pleno Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang kali ini. Tampak semringah para anggota DWP setelah menerima dan membaca lembar demi lembar sebuah buku bersampul warna peach berisi lebih dari 150 judul puisi. Ternyata hari itu adalah hari yang telah dinanti sejak lama yaitu acara Lounching buku antologi puisi berjudul “Goresan Pena Bunda”.

Dengan menerbitkan buku antologi puisi ini menjadi sebuah prestasi bagi seluruh anggota DWP Disdikbud Kabupaten Jombang dan semoga dapat menginspirasi para pembaca khususnya para kaum hawa.

Acara berjalan semarak bertempat di Aula I Disdikbud Kabupaten Jombang pada Senin (21/11). Ketua DWP Disdikbud Kabupaten Jombang, Siska Utami Senen, S.E. Mengisahkan bahwa inisiatif untuk membuat buku telah dimulai sejak Februari 2022. Perihal proses penulisan, pengecekan dan seleksi membutuhkan waktu sekitar empat bulan, kemudian proses pencetakan hingga berhasil diterbitkan bulan November ini.

Baca Juga: Manfaat Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler

Siska Utami Senen menyampaikan, “Buku ini merupakan wujud apresiasi bagi seluruh anggota DWP Disdikbud Kabupaten Jombang. Bait demi bait berisi beragam ungkapan perasaan dan curahan hati. Suka duka menjalani kehidupan, tentang keluarga, pekerjaan hingga impian istri-istri hebat pendamping suami, mampu digoreskan dengan indah berwujud puisi.”

Serah terima buku dari Ketua Disdikbud Kabupaten Jombang kepada Kepala Disperpussip Kabupaten Jombang. (Rabithah)

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang, Drs. Suwignyo, M.M. mengungkapkan bahwa dengan menerbitkan buku antologi puisi ini menjadi sebuah prestasi bagi seluruh anggota DWP Disdikbud Kabupaten Jombang dan semoga dapat menginspirasi para pembaca khususnya para kaum hawa. Lebih dari itu, hal ini menjadi suatu kiprah yang baik antara para wanita hebat yang mencintai karya sastra.

Salah satu Penulis puisi terpilih, Anis Mey Pitanti dari DWP Wilkerdik Kecamatan Mojoagung. (Rabithah)

“Berliterasi saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dilakukan dan langkah awal untuk berliterasi adalah membaca. Kendati demikian, asupan bacaan harus didapatkan dengan bijak dari buku, majalah atau surat kabar terpercaya. Hal ini dimaksudkan agar segala informasi yang diserap dapat disampaikan kepada orang lain juga dengan penuh tanggungjawab. Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Jombang siap memfasilitasi dan mewadahi para anggota DWP yang ingin memperdalam pengetahuan perihal literasi,” papar pria yang juga menggandrungi sastra puisi itu.

Jajaran tamu, Pembina dan Ketua DWP Disdikbud Kabupaten Jombang beserta lima penulis puisi terpilih. (Rabithah)

Sementara itu, Sastrawan Jombang, Aditya Ardi Nugroho mengutarakan bahwa sebagian besar isi dari buku antologi puisi berjudul “Goresan Pena Bunda” ini memiliki emosi yang beragam, namun tetap dengan ciri khas tulisan lembut dan santun para perempuan tangguh. Sehingga menjadi sebuah karya yang tak boleh dilewatkan untuk dibaca.

Seluruh anggota DWP Disdikbud Kabupaten Jombang. (Rabithah)

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama