Ilustrasi peserta didik sedang melakukan ekstrakurikuler. (ist)


NASIONAL – Peserta didik yang masih duduk di bangku sekolah tentu harus rajin belajar. Selain itu, peserta didik juga harus ikut kegiatan ekstrakurikuler. Sebab, ada beragam manfaat jika peserta didik ikut kegiatan ekstrakurikuler. Salah satunya bisa mengurangi tingkat stres pada peserta didik.

Melansir laman BPK Penabur, ekstrakurikuler atau yang sering disebut ekskul merupakan kegiatan diluar jam sekolah yang bertujuan untuk menyalurkan minat bakat peserta didik dan memperluas pengetahuan mereka. Bagi anak sekolah, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler merupakan hal yang sangat penting. Anak-anak tak hanya fokus dalam akademik saja, minat dan bakat juga perlu disalurkan.

Manfaat Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler

Beri dampak positif untuk kesehatan


Berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti olahraga, pramuka, palang merah pemuda (PMR), pecinta alam dan sebagainya tak hanya membentuk pribadi yang lebih baik, tapi juga berdampak pada kesehatan tubuh. Sebab, mereka tak hanya berkelompok dalam berpikir tetapi juga bekerja sama bergotong royong dengan tenaga. Sehingga mereka akan lebih aktif dan semangat karena banyak bergerak dan melakukan hal positif.

Mengurangi tingkat stres anak

Jika di sekolah peserta didik harus mengikuti pelajaran, atau ketika sudah pulang sekolah dan di rumah anak harus mengikuti beragam kegiatan. Tentu bisa membuat anak cepat bosan dan stres. Agar hal ini tak terjadi, maka selingi kegiatan mengajar di sekolah dengan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang mereka minati.

Melakukan hal yang disukai akan membantu anak melewati hari-hari mereka yang padat dengan hati senang. Karena kegiatan ekstrakurikuler bisa menjadi terapi sekaligus kesempatan untuk bersantai dari rutinitas yang membosankan.

Bisa atur waktu dengan baik

Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, anak akan memiliki banyak kegiatan yang menuntut untuk memiliki kemampuan dalam mengatur waktu. Selain itu karakter anak akan terbentuk dengan sendirinya sehingga ketika dewasa nanti anak akan tumbuh menjadi pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab.

Ada dampak positif kehidupan sosial

Adanya kegiatan ekstrakurikuler juga memiliki dampak positif terhadap kehidupan sosial sang anak. Salah satunya sering bertemu orang-orang baru yang dapat menumbuhkan jiwa sosial sang anak sehingga lebih percaya diri ketika berada di lingkungan luar.

Tumbuhkan rasa percaya diri

Keahlian dan keterampilan dalam sebuah bidang yang dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler akan membuat mereka merasa istimewa. Perasaan inilah yang membuat rasa percaya diri mereka muncul sehingga kelak anak bisa menjadi pribadi yang tangguh dan tidak takut untuk menunjukkan siapa diri mereka sebenarnya.

Akan tetapi, setiap anak pastinya memiliki minat dan bakat, dengan menyalurkan minat bakat anak kemampuan kreativitas anak akan ikut berkembang. Hal ini sangat berpengaruh untuk masa depan sang anak. Banyak anak yang sukses karena kreativitas dan bakat yang dimiliki sang anak, seperti menyanyi, atlet maupun pengusaha.

Sumber/Rewrite: kompas.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama