Tim Tari Remo SDN Karangan II Bareng berfoto bersama usai lomba. (ist)


JOMBANG – Tampak ada yang baru dalam perhelatan Lomba Bahasa dan Seni Siswa Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Bidang Pembinaan SD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang. Hadirnya jenis lomba Tari Remo sebagai bagian sajian dari kegiatan yang selalu diselenggarakan tiap tahunnya tersebut.

Diharapkan mampu menjadikan ladang pembibitan prestasi baru bagi peserta didik, terutama di bidang seni daerah. Sehingga turut sejalan pula dengan upaya pelestarian Tari Remo yang sudah ditanamkan sejak jenjang SD.

Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD, Bidang Pembinaaan SD, Disdikbud Kabupaten Jombang, Diah Tri Hekmawati, SE., M.E. mengakui memang sengaja menghadirkan Tari Remo sebagai salah satu sajian kategori perlomabaan mengingat merupakan kesenian asli Kabupaten Jombang serta kedepannya akan diwajibkan sebagai ekstrakulikuler di satuan pendidikan. Jadi setidaknya bisa menjadi pemantik untuk ajang unjuk kebolehan antar satuan pendidikan yang sedianya telah melakukan pelatihan Tari Remo secara rutin di satuan pendidikan.

Sebelumya setiap peserta mengikuti seleksi di setiap kecamatan telaksana sejak (27/7) kemudian bagi yang lolos, berhak berlaga di tingkat kabupaten pada (11/8). Adapun ketentuan teknisnya satu tim berisi 7-2 penari campuran laki-perempuan atau hanya laki-laki dan perempuan saja. Selain itu wajib menggenakan atribut khas Tari Remo.

Baca Juga: 

Diah Tri Hekmawati menambahkan, selain Tari Remo ada perlombaan lain diantaranya Macapat, Menyanyi Keroncong, Baca Puisi, dan Pidato. Diharapkan mampu menjadikan ladang pembibitan prestasi baru bagi peserta didik, terutama di bidang seni daerah. Sehingga turut sejalan pula dengan upaya pelestarian Tari Remo yang sudah ditanamkan sejak jenjang SD.

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Juara I Tari Remo

KELOMPOK

SATUAN PENDIDIKAN

Perempuan

SDN Karangan II Bareng

 

Juara I Baca Puisi

NAMA

SATUAN PENDIDIKAN

Ahmad  Kevin Andika A.

SDN Rejoagung I Ngoro

 

Juara I Lomba Pidato

NAMA

SATUAN PENDIDIKAN

Mochammad Rayga S. R.

SDN Kedungmlati Kesamben

 

Juara I Lomba Menyanyi Keroncong

NAMA

SATUAN PENDIDIKAN

Valentino Aykel Suranta S.

SDN Blimbing Gudo

 

Juara I Lomba Macapat

NAMA

SATUAN PENDIDIKAN

Reyfaldi Prasetyo

SDN Sepanyul Gudo

Lebih baru Lebih lama