Mengenalkan anak didik pada tata cara mengemas dan menjual produk kerajinan program P5. (Donny)


MOJOWARNO – Pendidikan sebagai alat mencetak kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten sesuai dengan laju tiap jiwa zaman tentu dapat menjadi salah satu indikator untuk menentukan maju serta tumbuh kembangnya suatu bangsa. Oleh karenanya, dalam rangka mendukung kestabilan pertumbuhan tersebut Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) juga berperan penting guna mendasari tumbuh kembang anak didik melalui enam aspek perkembangan anak usia dini yang termaktub dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2013.

Adanya Merdeka Belajar yang memuat P5 ini tentunya semakin memudahkan kami untuk mengintensifkan pelbagai praktik tematik bersama anak didik.

PAUD Mutiara Hati Mojowarno pun menyadari pentingnya mengimplementasi enam aspek tersebut. Bentuk pengamalannya diwujudkan melalui pembelajaran dengan praktik nyata yang bertujuan merangkum kematangan nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni anak didik.

Kepala Yayasan PAUD Mutiara Hati Mojowarno, Indah Yuniarti, S.Psi. menerangkan, praktik nyata selalu dikedepankan ketika memberikan materi tematik. Sebab dengan praktik inilah, anak didik dapat terangsang daya tumbuh kembangnya.

Baca Juga: SMP Patriot Peterongan  Life Skill Class Pantik Kemandirian Peserta Didik

“Ketika anak didik sudah dilatih dengan pembelajaran berbasis praktik, maka secara tidak langsung anak didik akan terbiasa bersikap mandiri, percaya diri, dan tentunya lebih cepat mendapat pendidikan secara berkualitas di usia emas. Pelayanan terhadap anak didik baik di jenjang TK maupun KB disini turut kami landasi dengan visi mencetak generasi cerdas serta misi yang menjadikan anak didik kreatif, mandiri sejak usia dini,” ujar Indah Yuniarti.

Melatih keberanian komunikasi anak didik. (Donny)

Visi dan Misi yang diusung tersebut bukan sebatas jargon belaka. Terbukti pada Jumat (9/9) lembaga yang didirikan sejak tahun 2008 ini menghelat Bazar Anak dan Pentas Seni dalam rangka Puncak Giat memperingati 77 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang bertempat di halaman Paud Mutiara Hati. Indah Yuniarti menjelaskan, latar belakang diadakannya kegiatan ini tak lain sebagai bentuk pengejawentahan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di tingkat PAUD.

Penampilan ekstrakurikuler pencak silat. (Donny)

“Adanya Merdeka Belajar yang memuat P5 ini tentunya semakin memudahkan kami untuk mengintensifkan pelbagai praktik tematik bersama anak didik. Oleh karenanya, aneka kerajinan tangan yang dibuat oleh anak didik bersama guru sengaja kita gelar dan jajakan serta wajib dibeli oleh wali anak didik sebagai bentuk apresiasi karya. Lewat kegiatan ini pula secara tersirat dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan bakat seni kepada anak didik,” imbuh Indah Yuniarti.

Tarian Assallamualaikum yang dipentaskan oleh beberapa anak didik. (Donny)

Sementara itu, berkesempatan hadir pula Kepala Desa Mojoduwur, Kecamatan Mojowarno, Ina Thoi’in yang mengapresiasi itikad baik dewan guru PAUD Mutiara Hati Mojowarno. Menurutnya, esensi kegiatan yang digelar memberikan implikasi yang luas, utamanya peningkatan mutu pendidikan jenjang usia dini.

Jajaran guru Paud Mutiara Hati Mojowarno. (Donny)

Ina Thoi’in mengatakan, “Mengasah kemandirian dan kreativitas dengan ragam kegiatan, selain dapat meningkatkan mutu pendidikan, juga turut membekali kesiapan anak didik untuk ke jenjang berikutnya dan bahkan bekal mengarungi masa depannya kelak. Karena apa yang ditanamkan sejak dini sangat signifikan pengaruhnya pada perkembangannya di masa mendatang. Maka dari itu kemandirian dan kreavitas ini penting dipupuk sejak dini.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Profil Paud Mutiara Hati


Tahun Berdiri : 2008

Akreditasi : B

Jumlah Guru : 14

Jumlah Anak Didik : TK 123 Anak Didik dan KB 58 Anak Didik

Ekstrakurikuler : Drumband, Pencak Silat, Tari.

Lebih baru Lebih lama