Senen saat memberikan pembinaan kepada penilik, pengawas dan kepala satuan pendidikan. (Rabithah)

JOMBANG – Salah satu tugas dan fungsi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang yakni melaksanakan pembinaan. Hal ini diwujudkan dalam pengawasan dan pengendalian kegiatan bidang teknis meliputi bidang pendidikan dan kebudayaan.

Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang Senen,S.Sos., M.Si. menyampaikan bahwa senantiasa mengejawantahkan fungsi pembinaan tersebut di pelbagai kesempatan. Seperti pada agenda Sosialisasi Rapor Pendidikan yang dilaksanakan pada Rabu (8/11) bertempat di Aula Wilayah Kerja Pendidikan Kecamatan Jombang.

Sebuah penelitian mengungkapkan pengaruh genetik dalam membentuk karakter seorang anak berkisar 20 persen. Hal ini dapat disimpulkan bahwa 80 persen karakter positif anak didapat dari apa yang dilihat, didengar dan dipelajarinya sehari-hari.

Dalam acara yang dihadiri perwakilan pengawas, penilik dan kepala satuan pendidikan di semua jenjang tersebut, Senen berkesempatan memberikan pembinaan terkait pelbagai hal penting. Diantaranya adalah perihal peran satuan pendidikan dalam membangun fondasi karakter positif setiap peserta didik.

Baca Juga: Belajar Bahasa Indonesia Merajut Keberagaman

Senen mengatakan, “Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pengaruh genetik dalam membentuk karakter seorang anak hanya berkisar 20 persen saja. Hal ini dapat disimpulkan bahwa 80 persen karakter positif anak didapat dari apa yang dilihat, didengar dan dipelajarinya sehari-hari. Oleh karenanya, satuan pendidikan menjadi salah satu wadah pokok guna membentuk dan merubah karakter anak, lantaran sebagian waktu peserta didik juga dihabiskan di satuan pendidikan.”

Peserta yang hadir dalam acara pembinaan Disdikbud Kabupaten Jombang. (Rabithah)

Selain memastikan terselenggaranya kegiatan belajar mengajar yang efektif, satuan pendidikan juga harus memperhatikan kesehatan, kesejahteraan dan keselamatan peserta didik, imbuh Senen. Semisal dengan menertibkan peserta didik dibawah umur untuk mengendarai kendaraan bermotor, memberikan edukasi seksual hingga pencegahan perundungan.

Ditambahkan oleh Kepala Bidang Pembinaan SD, Bidang Pembinaan dan Ketenagaan Disdikbud Kabupaten Jombang, Abdul Majid, S.Psi. yang menyampaikan bahwa dalam mengupayakan pelbagai hal tersebut satuan pendidikan harus mampu menjalin koordinasi dengan pihak Kepolisian Sektor Kecamatan, Kantor Kecamatan, Puskesmas hingga organisasi dan komunitas terkait yang berkompeten menangani permasalahan tersebut.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma
Lebih baru Lebih lama