Peserta didik mengikuti latihan atletik. (Rabithah)


KABUH – Keterbatasan seolah bukan menjadi halangan bagi SDN Banjardowo II Kabuh dalam meraih prestasi di bidang olahraga. Hal ini diungkapkan Kepala SDN Banjardowo II Kabuh, Seno, M.Pd. mengatakan bahwa sejak 2019 terlihat ada potensi dibidang olahraga seperti sepak bola, voli, maupun atletik.

Semangat peserta didik dalam bidang olahraga memang patut diacungi jempol. Hanya berbekal latihan fisik, teknik pernafasan olahraga, penguatan mental, serta teknik lompat yang dilakukan di lapangan rumput.

Seno yang dulunya menjadi Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Jombang itu mengatakan, “Namun yang dinilai paling berhasil hingga mendapatkan prestasi adalah cabang olahraga atletik. Hal ini diketahui saat pembelajaran olahraga, beberapa peserta didik mampu menuntaskan tes fisik seperti lari jarak dekat maupun jauh. Kemudian kemampuan melompat yang dinilai diatas rata-rata. Tak ingin bakat alami tersebut sia-sia, maka dibentuklah ekstrakurikuler atletik.”

Baca Juga: SMP Muhammadiyah 1 Jombang Gelar Karya Perdana: Save Organism

Keterbatasan fasilitas lapangan untuk lari dan lompat jauh tak menghalangi semangat guru dan peserta didik berlatih, imbuh pria yang juga gemar karawitan itu. Sembari menunggu ketersediaan anggaran untuk pembangunan fasilitas tersebut, tak jarang peserta didik latihan secara sederhana atau mencoba latihan di satuan pendidikan lain yang jaraknya tak jauh.

Peserta didik berprestasi di bidang lompat jauh. (ist)

Hal tersebut diamini oleh Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, SDN Banjardowo II Kabuh yang juga sebagai pembina atletik, Hariadi, S.Pd, bahwa semangat peserta didik dalam bidang olahraga memang patut diacungi jempol. Hanya berbekal latihan fisik, teknik pernafasan olahraga, penguatan mental, serta teknik lompat yang dilakukan di lapangan rumput. Namun hal tersebut apabila dilakukan dengan konsisten dan serius maka meraih prestasi bukan lagi hal mustahil.

Kepala SDN Banjardowo II Kabuh, Seno, M.Pd. (Rabithah)

“Untuk itu peserta didik yang memiliki bakat diarahkan mengikuti ekstrakurikuler atletik. Ekstrakurikuler yang baru berdiri tiga tahun ini dalam satu minggu melaksanakan sesi latihan tiga kali. Satu sesi latihan selama lebih kurang dua jam dan diikuti dari kelas III, IV dan V,” terang Hariadi.

Jajaran guru SDN Banjardowo II Kabuh. (ist)

Selain ekstrakurikuler atletik juga terdapat klub atletik yang diberi nama “Bimantara Athletic Klub”, pungkas Hariadi. Peserta didik yang tergabung dalam klub ini berjumlah sepuluh yang merupakan peserta didik unggulan dan siap untuk mengikuti pelbagai ajang perlombaan. Idealnya peserta didik berlatih setidaknya satu tahun sebelum siap tampil memukau di perlombaan.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

SDN Banjardowo II Kabuh


Tahun berdiri : 1975

Jumlah civitas akademika : 11

Jumlah peserta didik : 110

Prestasi atletik :

a. Juara I Sprint POR Kabupaten Jombang 2022

b. Juara Harapan I Lompat Jauh POR Kabupaten Jombang 2021

c. Juara I Lompat Jauh POR Kabupaten Jombang 2019

Lebih baru Lebih lama