Suasana gelar karya sekaligus lomba foto dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda. (ist)


JOMBANG –
Gelar Karya peserta didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang disingkat P5 merupakan rangkaian puncak kegiatan dari Kurikulum Merdeka yang digelar oleh SMP Muhammadiyah 1 Jombang pada hari Jumat, 28 Oktober 2022.

Beberapa foto karya peserta didik berjejer menghiasi pagar, seluruh peserta didik terlibat aktif dalam memberikan penilaian pada foto-foto tersebut.

Acara yang diawali dengan senam P5 secara bersama-sama oleh seluruh peserta didik, guru dan karyawan ini juga menggandeng perayaan Hari Sumpah Pemuda. Acara dibuka dengan sambutan singkat oleh Wakil Kepala SMP Muhammadiyah 1 Jombang, Sulailah,S.P. yang pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tim yang sudah bekerja keras selama kurang lebih empat bulan hingga terlaksananya acara Gelar Karya pertama ini.

Baca Juga: SDN Ngoro III Membangun Kepercayaan Wali Peserta Didik Melalui BTQ

Gelar Karya dengan mengusung tema Save Organism ini juga terbilang sukses dan berjalan lancar. Selain diawali dengan senam bersama, acara dilanjutkan dengan pertunjukan Seni Tari Sumpah Pemuda yang dibawakan oleh peserta didik kelas IX di aula. Setelah menyaksikan pertunjukan tersebut, seluruh peserta didik secara bergilir per kelas menuju halaman belakang untuk menyaksikan langsung pameran hasil karya project peserta didik kelas VII.

Pertunjukkan Tari Sumpah Pemuda. (ist)

Karya hasil project tersebut dipamerkan dengan tatanan stan yang rapi dan menarik. Mulai dari stan; Ecoprint yang memamerkan tote bag atau tas jinjing, kain dan baju batik alami dengan motif dedaunan, Ecobrick; yang menyajikan hasil karya berupa kursi dari plastik yang disusun dalam botol, Ecoenzym; yang memperjualbelikan jajanan rujak buah dan jus nanas dimana kulit nanasnya dibuat pestisida alami, Hidroponik; yang menampilkan hasil panen berupa sayuran serta olahan buah berupa salad, Sabun Alami; yang mendemonstrasikan keajaiban sabun alami yang higienis, harum dan melembutkan, serta Bricket; yang menunjukkan proses pembuatan makanan dengan cara dibakar menggunakan arang alami serta berhasil menjual hasilnya kepada para pengunjung.

Gelar Karya Hidroponik. (ist)

“Alhamdulillah acara hari ini berjalan lancar, semua peserta didik juga sangat antusias. Semua karyanya luar biasa,” ujar salah satu tim fasilitator, Hasna Muhandisa, S.Pd.

Batik Ecoprint, salah satu produk dalam gelar karya. (ist)

Rangkaian acara yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB itu menjadi semakin meriah dengan adanya lomba fotografi dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda. Beberapa foto karya peserta didik berjejer menghiasi pagar, seluruh peserta didik terlibat aktif dalam memberikan penilaian pada foto-foto tersebut. Selain itu, acara juga dimeriahkan oleh penampilan salah seorang guru Seni Budaya dengan suara emasnya yang menghibur pengunjung.

Penulis: Qurrotu Ainy, S.Pd.I. (Guru PAI, SMP Muhammadiyah 1 Jombang)

Lebih baru Lebih lama