Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath). (ist)


JOMBANG -
Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath), mahasiswa BINUS dan President University, komposer muda generasi Z asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music (FEM) meraih juara Runner-up di ajang Piala Dunia Kewirausahaan, Entrepreneurship World Cup (EWC) ASEAN Indonesia 2022. Atas pencapaiannya sebagai juara, Alfath meraih hadiah AWS Credits sebesar US $5000 atau senilai Rp160 juta.

Alfath, komposer muda alumni MAN 1 Jombang, mengusung ide bisnis music entertainment dengan menerapkan teknologi artificial intelligence (AI) untuk membuat lagu original dan aransemen musik digital. Ide bisnis kreatif ini mengantarkan usaha rintisannya, Flemmo Enterprise Music, masuk startup terbaik di grand final nasional EWC Indonesia 2022.

Di ajang kompetisi kewirausahaan EWC ASEAN Indonesia 2022, Flemmo Enterprise Music terpilih sebagai Top 5 Startup Entrepreneurs. Ajang prestisius ini digelar oleh Global Entrepreneurship Network (GEN) pada Jumat, 25 November 2022 secara virtual.

Pada sesi grand final EWC Indonesia 2022, Maharsyalfath mempresentasikan proposal bisnis musik digital teknologi AI secara virtual melalui Zoom di depan panelis internasional. Dewan juri beranggotakan lima orang profesional dari praktisi bisnis dan investor.

Dewan juri internasional EWC ASEAN Indonesia 2022 di antaranya, Jayren Teo (Founder ASEAN Youth Organization - AYO, dan Managing Director GEN Singapore), Senjaya Mulia (Founder ASEAN Youth Organization - AYO dan Co-Chair at EWC ASEAN Indonesia), Ivan A. Sandjaja, Managing Director Global Entrepreneurship Network (GEN) Indonesia, Yatin K Thakur (Asiarath), dan Liu Anqi (Quest Ventures).

"Tahun 2023 mendatang, prioritas utama saya untuk Flemmo Enterprise Music yakni penerapan teknologi artificial intelligence dalam pekerjaan komposisi musik digital dan aransemen lagu", ujar Alfath Flemmo.

Maharsyalfath Maulasufa mengatakan, pembuatan platform musik digital teknologi AI ini sejalan dengan ilmu komputer yang ditekuninya pada jurusan Information Systems for Business and Management, Faculty of Computer Science, President University, kampus terbaik Akreditasi A di kawasan Jababeka Industrial Park, Cikarang Bekasi, Jawa Barat.

"Syukur alhamdulillah, saya menang juara runner-up di kompetisi kewirausahaan nasional EWC Indonesia 2022 dan mendapat hadiah UD $10000 atau senilai Rp160 juta dari Amazon Web Services (AWS). Fasilitas AWS Credits ini merupakan dukungan yang luar biasa besar dari Global Entrepreneurship Network (GEN) yang dapat saya gunakan secara optimal untuk mengembangkan bisnis musik digital", ujar Maharsyalfath Maulasufa merasa bersyukur.

Awalnya, Maharsyalfath memperoleh email dari Tim EWC Internasional pada 28 Juli 2022. Isi beritanya tentang rekomendasi untuk mengikuti Entrepreneurship World Cup (EWC) 2022. Rekomendasi ini terkait dengan Flemmo Enterprise Music yang juga masuk Top 12 Startups EWC 2021 tahun lalu. Kemudian Alfath mendaftar sebagai peserta lomba kewirausahaan EWC pada 1 Agustus 2022.

Dalam mengomposisi dan memproduksi musik digital dilakukan secara hybrid sejak 2018, yaitu menggabungkan perangkat lunak FL Studio dengan teknologi kecerdasan buatan (AI).

"Saya mendaftar kompetisi kewirausahaan EWC Indonesia 2022 untuk startup Flemmo Enterprise Music. Saya mengirim materi pitch deck sebanyak 14 lembar melalui website resmi Entrepreneurship World Cup. Saya mengisi formulir tentang informasi personal, latar belakang perusahaan, tim leader, detail bisnis, milestones dan pendanaan, problem dan solusi, pencapaian dan pendapatan. Saya juga mengirim materi presentasi pitch deck dan video profil", ungkap Alfath Flemmo.

Setelah melalui proses kurasi berkas yang sangat ketat, Alfath mendapat email feedback dari Tim EWC Global 2022 dan mendapat hadiah fasilitas kredit dan manfaat di platform Perks sebesar $25.000.

"Saya mendapat email dari Tim EWC Global. Isinya tentang ucapan selamat. Saya mendapatkan hadiah $25.000 atau setara Rp390 juta dari Perks dalam bentuk kredit fasilitas dan manfaat menggunakan berbagai aplikasi untuk mendukung pekerjaan digital di platform Perks", jelas Alfath Flemmo.

Baca Juga: Estetis Memang Menarik, tapi Jangan sampai Rumah Jadi Tidak Ramah Anak

Alfath mengatakan, platform Perks menawarkan hadiah berupa memanfaatkan aplikasi di antaranya: Hubspot, The Dotcom, Yay Images, Table, Zendesk Sell, Sendgrid, Weglot, Stripe, Carta, Airtable, Oracle, dan FastCTO.

Alfath Flemmo mendapat email lebih lanjut dari Gamal Kevin Alega, Project Manager EWC ASEAN pada 2 November 2022 untuk mengikuti wawancara bersamaan kegiatan tahunan Global Entrepreneurship Week (GEW) Indonesia 2022.

Kemudian, Alfath Flemmo mengirim email balasan kepada Gamal Kevin Alega, Project Manager StartupHax Pte. Ltd, Entrepreneurship World Cup Indonesia National Organizer.

"Dengan senang hati, saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari StartupHax Pte. Ltd. sebagai Penyelenggara Nasional Piala Dunia Kewirausahaan Indonesia kepada saya dan startup Flemmo Enterprise Music. Saya mengirimkan email konfirmasi kesediaan wawancara ke id@ewcasean.com untuk tanggal 7 November 2022 bersamaan dengan kegiatan Global Entrepreneurship Week (GEW) Indonesia", kisah Alfath.

Tahap berikutnya, Alfath mendapat email lebih lanjut dari EWC ASEAN pada 17 November 2022. Flemmo Enterprise Music dinyatakan lolos interview dan masuk ke tahap grand final EWC Indonesia National Finals Pitching Competition 2022.

Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath) Juara Runner Up di Ajang Entrepreneurship World Cup (EWC) Indonesia 2022. (ist)


Maharsyalfath Maulasufa yang juga kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi di Binus University Malang, merupakan komposer muda berbakat yang aktif memproduksi musik digital sejak duduk di bangku SMP. Tahun 2022 ini, Alfath bekerja profesional dalam pekerjaan komposisi musik, perekaman suara, audio engineering, sound designing, mixing, dan mastering menggunakan software FL Studio.

"Startup Flemmo Enterprise Music yang saya dirikan pada tahun 2018, sekarang ini dalam taraf pertumbuhan. Startup ini menyediakan layanan pembuatan lagu original dan aransemen musik secara digital. Klien terbanyak kami dari artis musisi pendatang baru yang membutuhkan lagu original. Klien Flemmo berasal dari seluruh Indonesia hingga mancanegara", ujar Alfath Flemmo.

Alfath juga mengatakan, bahwa dalam mengomposisi dan memproduksi musik digital dilakukan secara hybrid sejak 2018, yaitu menggabungkan perangkat lunak FL Studio dengan teknologi kecerdasan buatan (AI).

"Terkait visi dan misi Flemmo Music, kami berencana membangun platform digital untuk bisnis musik dengan menggunakan teknologi AI untuk mengomposisi musik digital sebagai preview produk bisnis pada platform e-commerce dan media sosial masa depan", jelas Alfath.

Inilah yang menjadi alasan Maharsyalfath Maulasufa yang saat ini memilih kuliah S1 Jurusan Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen di President University melalui jalur beasiswa bisnis musik yang didukung penuh oleh Sony Music Group (SMG) Global Scholars Program, dan juga kuliah S1 Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Bina Nusantara (BINUS Malang).

Editor: Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama