Prosesi tukar kado DWP Wilkerdik Kecamatan Jombang. (Rabithah)


JOMBANG – Banyak kegiatan yang bisa dilakukan para anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) dalam rangka memperingati HUT DWP yang ke-23 pada tahun 2022 ini. Tak terkecuali Unsur Pelaksana dibawah naungan DWP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang. Diantaranya adalah Wilayah Kerja Pendidikan (Wilkerdik) Kecamatan Jombang dan Sumobito yang memiliki cara seru untuk memeriahkannya, pada Jumat (16/12) bertempat di Aula Wilkerdik Kecamatan masing-masing.

Adanya agenda membatik bersama ini selain para anggota memiliki kenangan berupa kain hasil membatik, juga mengasah kreatifitas.

Sekretaris DWP Wilkerdik Kecamatan Jombang, Riris Sulistyaningsih, M.Pd. menyampaikan bahwa acara utama yang telah dinanti para anggota adalah tukar kado. Giat ini sudah dipersiapkan jauh hari sekitar dua minggu sebelumnya, sehingga para anggota bisa menyiapkan kado dengan semenarik mungkin.

Baca Juga: Tantangan Pasca Zonasi Semua Memiliki Kesempatan yang Sama

Riris Sulistyaningsih mengatakan, “Kendati demikian, terdapat peraturan bahwa harga kado kurang lebih berkisar Rp 10.000 dan dipilih secara acak. Para anggota terbilang sangat kreatif dalam mempersiapkan kado. Diantaranya adalah melaksanakan praktik membuat karangan atau bucket bunga yang pernah diajarkan sebelumnya, namun bunganya diganti dengan bumbu dapur kemasan hingga sabun pencuci piring dan pakaian khas kebutuhan para ibu-ibu anggota DWP.”

Sosialisasi resep kudapan sehat DWP Wilkerdik Kecamatan Jombang. (Rabithah)

Sementara itu dan tak kalah menariknya, Ketua DWP Wilkerdik Kecamatan Sumobito, Yety Feriyani Heri Mujiono, S.Pd. menjelaskan bahwa giat utama perayaan HUT DWP tahun ini menggelar acara membatik bersama dengan teknik Sibori atau teknik celup yang khas dan mengasah kreatifitas sehingga menghasilkan beragam motif yang unik. Untuk itu sengaja mendatangkan narasumber yaitu Kepala SDN Jarak I Jogoroto, Luluk Zuliatin, M.Pd.

Anggota DWP Wilkerdik Kecamatan Sumobito saat menunjukkan hasil karya batik. (ist)

Yety Feriyani Heri Mujiono mengharapkan bahwa adanya agenda membatik bersama ini selain para anggota memiliki kenangan berupa kain hasil membatik, juga mengasah kreatifitas. Selain itu juga keseruan saat membatik bersama tersebut mampu mempererat kakompakan dan menjalin silaturahmi antar anggota.

Reporter/Foro: Rabithah Maha Sukma


Keseruan giat membatik dengan teknik Sibori DWP Wilkerdik Kecamatan Sumobito. (ist)

Lebih baru Lebih lama