Ketua Panitia, Dwi Sigit Martono,S.Pd. saat melaporkan kegiatan. (ist)


JOMBANG – Acara Pesta Siaga menjadi salah satu agenda yang paling dinantikan oleh segenap anggota gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Mojowarno. Setelah sukses menggelar acara serupa pada tahun 2022 lalu kini serangkaian acara yang berisikan pelbagai macam lomba dan permainan tersebut kembali digelar dengan lebih meriah lagi.

Banyak kesan positif yang didapatkan para peserta maupun pembina pada giat tersebut, seperti melatih anggota Pramuka golongan Siaga menjadi anak yang mandiri, bisa bekerja sama dan tak kalah pentingnya adalah memiliki sikap pemberani, tangguh dan tidak mudah putus asa.

Bertempat di Bumi Perkemahan Sumberboto Kecamatan Mojowarno pada Sabtu (3/12), acara berjalan dengan lancar. Ketua Kwarran Mojowarno, M. Ronny Afriandie, S.STP., M.Si. menyampaikan bahwa beruntung sekali Kecamatan Mojowarno memiliki arena perkemahan yang sangat cocok dan mendukung kegiatan yang lekat dengan alam serta memiliki banyak manfaat ini.

Baca Juga: Puncak Hari Guru Yayasan Ats Tsaqofah Gerbang Pembuka Inovasi dan Kreasi Pendidik Masa Kini

Pria yang juga menjabat Sekretaris Kecamatan Mojowarno tersebut menjabarkan, “Kegiatan Pesta Siaga ini menjadi momentum yang berharga untuk menempa kemampuan serta mengembangkan bakat dan minat peserta didik. Sedangkan bagi para pembina, dapat menjadi ajang silaturahmi, memupuk kekompakan serta memiliki peta potensi peserta didik yang mahir bergiat Pramuka sehingga mampu bersaing kembali di ajang yang lebih tinggi lagi.

Keseruan lomba melukis Tunas Kelapa. (ist)

Sementara itu, Ketua Panitia Pesta Siaga Gerakan Pramuka Kwarran Mojowarno, Dwi Sigit Martono,S.Pd. melaporkan bahwa persiapan acara ini sudah dilakuakan selama sekitar satu bulan. Anggota yang hadir berjumlah 357 peserta didik dari 38 Gugus Depan (Gudep). Rinciannya yaitu terdapat 23 Gudep MI dan 15 Gudep SD.

Pemberian Piala oleh Ketua Forum KKKS SD Kecamatan Mojowarno, Joko Prihatin S.Pd. (ist)

Perihal jenis lomba dan permainan terdapat perbedaan dengan tahun sebelumnya, diantaranya adalah terdapat lomba melukis tunas kelapa, Baden Powell, pemasangan atribut Pramuka serta menyanyikan Satya Dharma Pramuka. Masing-masing perlombaan diambil tiga pemenang putra dan tiga pemenang putri yang nantinya akan mendapatkan piala secara langsung.

Jajaran pimpinan Gerakan Pramuka Kwarran Mojowarno. (ist)

Salah satu Pembina Pramuka yang turut membersamai peserta didiknya dari SDN Mojoduwur I Mojowarno, Susila Eka, S.Pd. mengakui bahwa agenda pesta siaga pada tahun ini lebih meriah, lantaran pada tahun lalu masih dalam masa Pandemi yang dapat dikatakan membatasi aktivitas peserta. Banyak kesan positif yang didapatkan para peserta maupun pembina pada giat tersebut, seperti melatih anggota Pramuka golongan Siaga menjadi anak yang mandiri, bisa bekerja sama dan tak kalah pentingnya adalah memiliki sikap pemberani, tangguh dan tidak mudah putus asa.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

Lebih baru Lebih lama