Ilustrasi seseorang sedang serius belajar. (ist)


NASIONAL - Kebiasaan menjadi hal penting yang bisa menunjang masa depan dengan lebih sukses. Kebiasaan-kebiasaan itu membantu seseorang untuk menghadapi tantangan dan aktivitas yang dilakukan. Misalnya dalam menjalani perkuliahan, mahasiswa dihadapkan dengan tantangan baru baik saat belajar, berorganisasi, magang, atau aktivitas lainnya.

Dalam dunia kerja, seseorang juga dihadapkan pada berbagai persoalan mulai dari adaptasi, beban kerja, suasana di kantor, hingga perbandingan karier dengan seseorang lainnya. Untuk melalui tantangan itu, perlu dilakukan kebiasaan yang bisa membantu kamu menuju keberhasilan, termasuk kamu juga perlu menghindari kebiasaan yang menunda kesuksesan.

Mengutip akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI dan situs CNBC Indonesia, berikut ini kebiasaan yang baik agar bisa mendukungmu meraih sukses. Berikut kebiasaan yang bisa dilakukan untuk meraih sukses.

Fokuskan pikiran pada hal-hal bermanfaat
Manfaatkan waktu sebaik mungkin mulai dari hal yang sederhana. Misalnya, saat waktu luang, alih-alih melihat media sosial, kamu bisa melakukan aktivitas yang produktif seperti membaca, mempelajari hal baru, atau belajar bahasa.

Jangan takut mengambil keputusan untuk mengubah hidupmu
Setiap keputusan selalu ada risiko. Oleh karena itu, saat memilih keputusan kamu hanya harus memetakan setiap risiko dan pilih risiko yang mungkin bisa kamu hadapi. Jangan sia-siakan waktu untuk takut.

Berpikir positif dan optimistis terhadap masa depan
Bersikap positif dapat membuat kita lebih bahagia, lebih sukses, dan hidup kita pun tampak lebih bersinar kedepannya. Nikmatilah peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidup kita walau bukan peristiwa yang positif atau yang kita duga akan terjadi sebelumnya dengan pikiran yang positif.

Memperbaiki kelemahan dengan mengikuti berbagai aktivitas yang bermanfaat
Fokus untuk memperbaiki diri dengan mengikuti berbagai kegiatan untuk menunjang kemampuan diri. Agar tak terfokus hanya di kelemahan tetapi tak memperbaiki diri.

Selalu pelajari hal baru
Kamu tidak harus berhenti pada hal yang itu-itu saja. Untuk mendapatkan lebih banyak pembelajaran dan pengalaman baru, perlu membiasakan diri untuk belajar hal yang sebelumnya belum pernah dialami. Hal baru di segala tempat akan membuatmu memiliki banyak gambaran terhadap persoalan yang bisa membantumu menjadi orang sukses yang terus belajar.

Bangun lebih cepat

Sebuah studi mengungkapkan bahwa 44 persen orang sukses bangun 3 jam sebelum aktivitasnya dimulai. Tujuannya adalah agar ada banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum memulai aktivitas. Sehingga bisa mengawali hari dengan lebih tenang dan tidak terburu-buru oleh waktu.

Kebiasaan yang Perlu Dihindari

Sebaliknya, agar tidak menunda kesuksesan atau keberhasilan, kamu perlu menghindari kebiasaan berikut ini.

1. Terlalu berpikir berlebihan (overthingking) yang dapat menimbulkan tekanan

2. Takut adanya perubahan sehingga ragu mengambil keputusan

3. Merasa cemas akan masa depan

4. Hanya berfokus pada kelemahan tanpa melakukan aksi untuk menjadi lebih baik

Jadi bagaimana? Apakah sudah melakukan kebiasaan yang bisa mendorong kesuksesan kamu?

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama