Saling kunjung antar guru dan peserta didik ke tenda bazar. (Donny)


JOGOROTO – Tak nampak seperti biasanya, pada Rabu pagi (21/12) halaman SDN Jogoroto dipadati sebelas tenda yang terpacak dengan posisi saling berhadapan di sisi selatan dan utara. Sesuai dengan tajuk kegiatan Gelar Karya KB, TK, dan SD se Kecamatan Jogoroto kesebelas tenda tersebut turut diisi dengan ragam karya maupun produk dari masing-masing satuan pendidikan mulai jenjang KB, TK dan SD yang ada di Kecamatan Jogoroto.

Bentuk inovasi semacam ini mesti ditindaklanjuti dengan suatu komitmen yang konkret. Tiada lain untuk lebih menggelorakan kreativitas anak maupun peserta didik dalam rangka meningkatkan mutu satuan pendidikan.

Kepadatan tersebut bertambah semarak tatkala dua pembawa acara di panggung pentas seni secara riang memandu saban perwakilan anak dan peserta didik baik yang berkolaborasi maupun indvidu, kala menampilkan kebolehannya dalam bernyanyi, menari, tilawatil quran, al-banjari hingga senam gembira. Taktis, dari penampilan maupun wujud karya benda yang telah dihasilkan oleh anak dan peserta didik tersebut, saling bertaut dalam satu helatan yang sama.

Baca Juga: IJ Art Production Bisnis Persewaan Kostum Kesenian

Kepala Koordinator Wilayah Kerja Pendidikan Kecamatan Jogoroto, Susiatin, M.Pd. menjelaskan, terselenggaranya kegiatan kerjasama ini berangkat dari ide untuk menggali kompetensi anak maupun peserta didik. Senyampang itu pula menjadi gelaran wujud praktik baik dari tiap satuan pendidikan yang telah dirupakan dalam bentuk projek pembuatan kriya sampai olahan produk unggulan yang sesuai dengan lingkungan sekitarnya.

Susiatin saat menyampaikan sambutannya. (Donny)


“Selain itu konsep sinergi ini tujuan jangka panjangnya diharapkan mampu mendongkrak kapasitas penerimaan peserta didik baru KB, TK, dan SD yang ada di Kecamatan Jogoroto. Oleh karenanya sambutan positif yang diberikan seluruh elemen pendidik dari tiga jenjang tersebut patut pula ditindak lanjuti dengan gairah kreasi agar mampu menjadi pembaruan pengajaran supaya kedepannya lebih banyak lagi produk yang dihasilkan,” ujar Susiatin.

Penampilan Tari Mbok Jamu yang disuguhkan oleh anak didik TK Pelangi Sumbermulyo Jogoroto. (Donny)

Lebih lanjut Susiatin menambahkan, guna menunjang keberlanjutan konsep kegiatan yang telah membuncahkan energi positif bagi guru KB, TK, dan SD dalam memberikan sentuhan baru d dunia pendidikan saat ini, maka dalam kegiatan kecil laiknya anjangsana maupun kerjasama sejenisnya mesti di intesifkan. Supaya harmonisasi tetap berjalannya kedepannya.

Aneka rupa produk yang dihasilkan anak dan peserta didik. (Donny)

Kepala Bidang Pembinaan PAUD-PNF, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang, Moh. Suyuti, S.Sos., M.M yang hadir menegaskan, bahwasannya bentuk inovasi semacam ini mesti ditindaklanjuti dengan suatu komitmen yang konkret. Tiada lain untuk lebih menggelorakan kreativitas anak maupun peserta didik dalam rangka meningkatkan mutu satuan pendidikan.

Reporter/Foto: Donny Darmawan



Kehebohan dua pembaca acara yang menambah semarak kegiatan gelar karya. (Donny)

Lebih baru Lebih lama