Kegiatan kelas olahraga. (ist)


TEMBELANG – Banyak cara yang bisa dilakukan satuan pendidikan untuk meningkatkan potensi peserta didik. Tak terkecuali melalui pembelajaran olahraga yang banyak memikat para peserta didik di SMP Negeri 1 Tembelang. Sehingga sebagai upaya meningkatkan pembibitan bidang olahraga tersebut diperlukan sebagai sebuah inovasi untuk mengakomodirnya seraya berharap dapat berbuah prestasi gemilang.

Perihal kurikulum pendidikan kelas khusus olahraga tak berbeda dengan kelas pada umumnya. Hanya saja terdapat tambahan kurikulum khusus berupa jadwal latihan yang dapat disesuaikan dengan cabang atau bakat olahraga yang dimiliki masing-masing peserta didik.

Kepala SMP Negeri 1 Tembelang, Imam Suhardi, S.Pd. menyampaikan bahwa telah mantap membuka kelas khusus olahraga pada tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini tak secara instan dicetuskan lantaran telah melalui pelbagai kajian dan koordinasi dengan pihak terkait. Diantanya adalah para guru, pembina tim olahraga, komite satuan pendidikan hingga wali peserta didik yang bersangkutan.

Baca Juga: Digitalisasi Satuan Pendidikan Entitas Kurikulum Merdeka

Dibukanya kelas khusus olahraga sejatinya bertujuan untuk lebih mudah mengakomodir peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidak olahraga, tegas Imam Suhardi. Berdasar kajian sebelumnya, peserta didik yang aktif mengikuti kejuaraan olahraga cenderung berkurang waktu belajarnya di kelas. Hal ini tentu berdampak sehingga adanya kelas khusus ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran pengganti atau tambahan diwaktu yang dapat disesuaikan.”

Kepala SMP Negeri 1 Tembelang, Imam Suhardi, S.Pd. (ist)

Pria yang juga menjabat Ketua Harian Olahraga Pencak Silat Jombang dan Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala SMP Kabupaten Jombang itu menandaskan, “Untuk memetakan peserta didik yang tergabung dalam kelas olahraga, dapat dilihat dari keterangan saat peserta didik mengisi formulir pendaftaran satuan pendidikan. Bukti prestasi peserta didik pernah mendapatkan atau mengikuti kejuaraan olahraga semasa duduk di bangku SD. Selain itu juga dapat ditengarai dari proses dan hasil pembelajaran olahraga secara langsung.”

Tim bola voli SMP Negeri 1 Tembelang. (ist)

Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SMP Negeri 1 Tembelang, Abdul Aziz, S.Pd. menambahkan bahwa perihal kurikulum pendidikan kelas khusus olahraga tak berbeda dengan kelas pada umumnya. Hanya saja terdapat tambahan kurikulum khusus berupa jadwal latihan yang dapat disesuaikan dengan cabang atau bakat olahraga yang dimiliki masing-masing peserta didik. Namun hal tersebut bersifat kondisional, semisal dapat lebih ketat dan insentif saat peserta didik akan menghadapi kejuaraan.

Imam Suhardi (Tengah) bersama guru dan tim olahraga SMP Negeri 1 Tembelang. (ist)

“Untuk saat ini masih terdapat satu kelas khusus olahraga pada masing-masing tingkatan, dan satu kelasnya diikuti sejumlah kurang lebih 30 peserta didik. setiap peserta didik setidaknya menguasai satu cabang olahraga. Sedangkan cabang olahraga yang dapat menjadi pilihan diantaranya adalah sepak takraw; bola voli, silat, atletik, sepak bola, bulutangkis, bola basket dan yang terbaru adalah pickleball serta beberapa cabang olahraga lainnya,” terang Abdul Aziz yang juga sebagai pelatih pickleball itu.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma/Istimewa

PRESTASI BIDANG OLAHRAGA SMP NEGERI 1 TEMBELANG


a. Juara 1 Pickleball Putri POR Kabupaten Jombang 2022

b. Juara 1 Pickleball Ganda Putri Kabupaten Jombang 2022

c. Juara 1 Menembak POR Kabupaten Jombang 2021

d. Juara 1 Sepak Takraw Kabupaten Jombang 2021

e. Juara 1 Taekwondo Provinsi Jawa Timur 2021

f. Juara 1 Selam Tingkat Nasional 2021

Lebih baru Lebih lama