Anak didik bebas berekpresi menghias donat. (Rabithah)


KABUH – Jenjang pendidikan anak usia dini menjadi momentum tepat untuk mengenalkan pelbagai hal yang menunjang perkembangan dan pertumbuhannya. Tak terkecuali dalam memilah dan memilih makanan yang disukainya, tentu harus diarahkan untuk mencicip segala makanan yang beraneka ragam serta baik bagi kesehatan. Selaian itu berkreasi untuk membuat makanan yang digemarinya tentu menjadi pembelajaran yang sangat menarik seperti yang dilakukan oleh segenap civitas akademika TK Nusantara Kabuh.

Teknis kegiatan tema makanan kesukaan, anak didik diberikan pemahaman dahulu terkait makanan atau minuman yang akan dipelajari hari ini, seperti bahan yang digunakan, cara mengolahnya serta kandungan gizi yang terkandung.

Kepala TK Nusantara Kabuh, Dwi Sujarwati, S.Pd.Aud. menyampaikan bahwa seluruh pembelajaran yang dilakukan di satuan pendidikannya mengacu pada buku panduan tema kegiatan belajar mengajar. Salah satu tema yang paling digemari dan telah ditunggu oleh anak didik yaitu Tema Makanan Kesukaanku. Lantaran pada tema tersebut anak didik akan mencoba makanan sehat yang selain digemari juga dapat berkreasi membuatnya.

Baca Juga: Menggairahkan Pramuka Melalui Latihan Gabungan

Dwi Sujarwati mengatakan, “Tema makanan kesukaanku sebenarnya telah dilakukan sejak berdirinya satuan pendidikan pada tahun 2004, namun pada tahun 2019 menjadi kian bervariasi menu yang digagas seperti kreasi makanan dari ayam, sandwich atau roti lapis, susu kedelai hingga membuat dan menghias donat kentang. Saat ini kegiatan tersebut dilaksanakan setidaknya dua kali dalam satu semester.”

Anak didik mencuci tangan sebelum menghias donat. (Rabithah)

Meski terkesan sederhana, namun kegiatan mengenal dan mengkreasikan makanan kesukaan memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak, imbuh perempuan yang cakap dalam menari Sandur Manuro itu. Beberapa hal yang dapat diperhatikan anak didik adalah tentang jenis-jenis makanan dan minuman sehat, takaran jumlah dan gebutuhan gizi tubuh, beragam bahan makanan, aneka warna, aroma, rasa dan bentuk makanan hingga cara mengolahnya.

Kepala TK, guru dan anak didik menikmati donat. (Rabithah)

Guru Kelas A, TK Nusantara Kabuh, Sriningsih, S.Pd.Aud. menjelaskan bahwa langkah pembelajaran tema makanan kesukaan adalah diawali dengan memilih kegiatan dan jenis makanan yang akan dikenalkan atau dikreasikan. Selanjutnya mencari narasumber apabila diperlukan dan menjalin koordinasi dengan paguyuban wali anak didik.

Anak didik mengamati cara menghias donat. (Rabithah)

Sriningsih menjabarkan bahwa teknis kegiatan tema makanan kesukaan, anak didik diberikan pemahaman dahulu terkait makanan atau minuman yang akan dipelajari hari ini, seperti bahan yang digunakan, cara mengolahnya serta kandungan gizi yang terkandung. Selanjutnya anak didik diarahkan untuk mencuci tangan, lalu secara tertib mengikuti langkah membuat makanan tersebut. Pembelajaran diakhiri dengan mencicipi makanan dan bercerita tentang proses, menghitung jumlah makanan hingga mengeja beberapa kata pada beragam bahan makanan.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

TK NUSANTARA KABUH


Jumlah guru : 3

Jumlah anak didik : 43

Kegiatan unggulan : Tari Sandur, Banjari, olahraga senam dan outing class

Lebih baru Lebih lama