Prosesi pengukuhan ditandai dengan pemakaian selempang. (Rabithah)


Bunda PAUD adalah predikat yang diberikan kepada istri kepala pemerintah (Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota, Camat, Kepala Desa) atau disandang langsung oleh kepala pemerintahan dan kepala daerah perempuan. Berfungsi menjadi penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0-6 tahun) di wilayahnya guna mendukung terwujudnya layanan PAUD Berkualitas. – Kemendikbudristek RI.

JOMBANG – Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab secara resmi melantik dan mengukuhkan sejumlah 26 guru yang terdiri dari jenjang TK, KB dan RA serta 21 camat perempuan atau istri camat untuk menjadi Bunda PAUD dan Pengurus Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kabupaten Jombang tahun 2022. Acara berjalan dengan meriah bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa (18/10).

Baca Juga: Agung Kiswanto Menatap Rintangan sebagai Tantangan

Mundjidah Wahab dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi para perempuan hebat yang bersedia menyandang predikat Bunda PAUD. Selain menjalankan aktivitas pekerjaan atau sebagai ibu rumah tangga tetapi harus tetap memikirkan pelbagai hal demi mewujudkan PAUD berkualitas.

Jajaran pengurus Himpaudi Kabupaten Jombang. (Rabithah)

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Senen, S.Sos., M.Si. menegaskan bahwa usai dilantik dan dikukuhkan para Bunda PAUD memiliki misi mulia untuk menjalin sinergitas di pelbagai lini seperti penyelenggara kesehatan, kesejahteraan sosial, perlindungan anak dan lainnya. Terlebih permasalahan stunting atau keadaan kurang gizi pada anak yang terbilang kasusnya masih sering ditemui di Kota Santri.

Paduan suara dari guru TK dan KB yang bertugas. (Rabithah)

Senen menjabarkan, “Setelah terpenuhi dengan laik kebutuhan kesehatan, kesejahteraan, dan perlindungan anak tersebut maka langkah selanjutnya adalah memberikan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan jenjang usianya. Rentang usia 0-6 tahun adalah The Golden Ages yang berarti waktu yang tepat dalam membentuk karakter seorang anak.”

Jajaran pengurus IGTKI-PGRI Kabupaten Jombang. (Rabithah)

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Jombang, yang juga berpredikat Bunda PAUD Kabupaten Jombang, Tita Aniqowardani, S.Pd. mengutarakan bahwa setelah dilantik para pengurus dan seluruh anggota Bunda PAUD akan langsung terjun ke wilayah kecamatannya masing-masing dalam pelbagai kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan dan kesejahteraan anak. Diantaranya turut serta membersamai segala acara di kecamatan atau desa yang melibatkan anak seperti penyelenggaraan imunisasi, pencegahan stunting hingga berkunjung ke satuan pendidikan untuk penyuluhan gizi dan proses belajar mengajar.

Reporter/Foto: Rabithah Maha Sukma

Lebih baru Lebih lama