Siska Senen saat memberikan penilaian kepada beberapa peserta. (Rabitha)

JOMBANG – Pagi yang cerah terlihat anak didik telah memadati Gedung Pendopo Kabupaten Jombang guna mengikuti tahap final Apresiasi Kolase Mamamia tahun 2023. Acara yang berjalan meriah pada Senin 30/1 tersebut diselenggarakan oleh Himpaudi (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) Kabupaten Jombang.

Baca Juga: Panggung Kreasi, Latih Peserta Didik Lebih Percaya Diri

Turut hadir dan memberikan sambutan, Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab. yang menyampaikan bahwa ajang perlombaan ini sangat positif lantaran dapat melatih anak usia dini untuk berkompetisi baik di tingkat satuan pendidikan, kecamatan hingga kabupaten. Kendati demikian menang atau tidaknya, para guru maupun bunda harus tetap memberikan apresiasi kepada anak didik, hingga pada kesempatan lomba berikutnya bisa bersemangat ikut kembali.



Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Mohammad Suyuti, S.Pd., M.Si. mengutarakan bahwa kegiatan ini juga bermanfaat sebagai ajang silaturahmi antara guru, wali anak didik dengan pengurus Himpaudi se Kabupaten Jombang. Lebih dari itu, juga sebagai ajang mengasah kekompakan antara bunda dengan buah hatinya dalam membuat gambar kolase.

Tita Aniqowardani saat membersamai anak didik membuat kolase. (Rabitha)

Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang, Tita Aniqowardani, S.Pd. menjabarkan bahwa setiap tahun jenis kreatifitas lomba yang diadakan selalu berubah, seperti mewarna, mengarsir, dan pada tahun ini membuat kolase. Kegiatan kolase dipilih lantaran selain menjadi latihan motorik halus anak didik juga mengenalkan anak dengan benda-benda pendukung seperti kertas berwarna, lem dan gunting.

Pemenang ajang Apresiasi Final Kolase Mamamia 2023 mendapatkan piala, piagam, suvenir dan uang pembinaan. (Rabitha)

Perempuan yang gemar berpantun saat sambutan tersebut membeberkan bahwa seluruh peserta sebelumnya telah mengikuti lomba kolase di tingkat kecamatan yang diikuti ribuan anak didik. Terdapat tiga kecamatan dengan peserta terbanyak sekitar 800 peserta yaitu Kecamatan Mojowarno, Mojoagung dan Jombang. Peserta yang mengikuti final berjumlah 105 dengan rincian masing-masing kecamatan mengirimkan lima peserta terbaiknya. Pemenang dipilih tiga terbaik dan tujuh pemenang harapan yang mendapatkan piala, piagam, uang pembinaan serta suvenir.

Jajaran pegawai Disdikbud Kabupaten Jombang, Pengurus Himpaudi beserta para pemenang lomba. (Rabitha)

Reporter/Foto: Rabitha Maha
Lebih baru Lebih lama