Kegaitan mengamati hewan hamster. (Rabitha)


JOMBANG – Sedari pagi, suasana terlihat berbeda di halaman KB Taman Bermain Alif Jombang. Tampak berjajar rapi pelbagai jenis hewan yang dibawa oleh masing-masing anak didik dan guru. Hal tersebut dilakukan lantaran hari itu terdapat kegiatan Mengenal Hewan Peliharaan pada Rabu (18/1).

Setelah anak didik mengamati jenis hewan yang ada, para guru dapat menggali cerita tentang hewan peliharaan masing-masing anak didik tersebut.

Ditemui disela kegiatannya membersamai anak didik, Kepala KB Taman Bermain Alif Jombang, Nurul Fatihah, S.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan mengenal hewan peliharaan sudah sejak lama dinanti anak didik dan menajdi salah satu agenda yang paling digemari. Oleh karenanya kegiatan tersebut dapat dilakukan rutin beberapa kali dalam satu tahun.

Baca Juga: P5: Saatnya Guru Tingkatkan Kompetensi

Nurul Fatihah mengatakan, “Anak didik sangat antusias ketika melihat bahkan berani berinteraksi secara langsung dengan hewan yang terkadang hanya dapat dilihatnya melaui buku, boneka atau pada layar telepon genggam. Selain itu juga banyak memberikan manfaat edukasi melalui pengamatan yang dilakukan. Hal tersebut mampu melatih sistem motorik kasar dan halus anak didik.”



Guru Kelas Hijau KB Taman Bermain Alif Jombang, Nur Farida, S.Pd. menyampaikan bahwa secara teknis sekitar tiga hari sebelumnya telah diinformasikan kepada seluruh wali anak didik untuk menyiapkan dan membawa hewan peliharaan atau hewan yang disukai anak didik. Bersyukurnya para wali anak didik sangat mendukung dengan membawakan beraneka ragam jenis hewan peliharaan, seperti pelbagai jenis ikan, burung, ayam, kucing, keong hingga hamster.

Setelah memegang hewan peliharaan, secara bergantian melakukan cuci tangan. (Rabitha)

Nur Farida menjabarkan bahwa setelah anak didik mengamati jenis hewan yang ada, para guru dapat menggali cerita tentang hewan peliharaan masing-masing anak didik tersebut. Kemudian berdialog tentang nama hewan, jenis, suara hewan, warnanya, jumlah kaki, makanan hingga habitat hidupnya. Menariknya dengan penuh semangat anak didik berani berlari mengejar ayam dan kucing yang dilepaskan di halaman satuan pendidikan setempat.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

Sangat antusias memegang hewan kucing. (Rabitha)

Selain kucing, ayam adalah hewan peliharaan yang paling digemari anak didik. (Rabitha)

Anak didik melaksanakan do’a bersama sebelum memulai kegaiatan. (Rabitha)

Lebih baru Lebih lama