Selain paparan langsung para peserta juga telah mendapatkan materi sosialisasi. (Rabitha)


JOMBANG – Salah satu program pemerintah pusat yang secara serius dan fokus mencerdaskan serta menguatkan karakter generasi penerus bangsa adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Menyadari akan pentingnya menyebarkan segala informasi lanjutan perihal P5 ini, Segenap pegawai Wilayah Kerja Pendidikan (Wilkerdik) Kecamatan Jombang menyelenggarakan agenda bertajuk Peningkatan Kompetensi Guru SD dalam Mendesain P5.



Koordinator Wilkerdik Kecamatan Jombang, Abu Kohir, M.Pd. menyampaikan bahwa sebenarnya dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir sudah banyak kegiatan yang bertujuan untuk menyosialisasikan P5. Baik itu yang diselenggarakan oleh Disdikbud Kabupaten Jombang, Wilkerdik, Pengawas, forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran maupun satuan pendidikan secara mandiri. Lebih dari itu, pelbagai platform milik pemerintah pusat juga dapat secara mudah diakses secara Online.

P5 menjadi perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Kendati demikian Abu Kohir juga menekankan bahwa untuk setiap agenda sosialisasi selain harus tepat sasaran pesertanya juga materi yang diangkat harus senantiasa diperbarui. Seperti pada sosialisasi sebelumnya menyasar khusus guru kelas II dan pada Selasa 17/1 yang bertempat di Aula III Disdikbud Kabupaten Jombang ini menyasar guru kelas V dengan pembahasan utama cara mendesain kegiatan maupun membuat materi yang lekat dengan P5.

Baca Juga: SKP 2023 Siapkan Rencana Aksi dan Matriks Peran Hasil

“Pelaksanaan P5 haruslah dilakukan secara bertahap. Pada sosialisasi yang telah dilakukan di beberapa tahun sebelumnya banyak menyasar guru kelas I dan IV, pada periode sekaran ini yang sedang berlangsung yaitu guru kelas II dan V, serta pada tahun 2024 tepat rampung dengan penutupan guru kelas III dan VI,” ujar Abu Kohir.

Narasumber berasal dari Korwilkerdik dan Pengawas SD Kecamatan Jombang. (Rabitha)

Narasumber yang juga sebagai Pengawas SD Kecamatan Jombang, Dra Eni Dwi Ariani, M.M.Pd. mengungkapkan bahwa agenda ini juga menyelaraskan dengan Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. P5 menjadi perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.


Peserta yang hadir merupakan guru kelas V. (Rabitha)

Selanjutnya dalam mendesain kegiatan maupun merumuskan materi yang berkenaan dengan P5 haruslah mengacu pada enam dimensi pelajar pancasila, tandas Dra Eni Dwi Ariani. Diantaranya adalah Beriman bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; Berkebinekaan global; Bergotong royong; mandiri; bernalar kritis; dan kreatif.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

Lebih baru Lebih lama