Ilustrasi interaksi orangtua dengan anaknya. (ist)


NASIONAL - Seorang anak, punya hak dan kewajiban saat berada di rumah yang harus dipenuhi. Rumah merupakan lingkungan terdekat anak. Kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan juga akan dibawa ke lingkungan di luar rumah. Tentunya hak dan kewajiban anak di rumah ini harus dipenuhi orangtua. Sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Jika hak dan kewajiban ini bisa dijalankan secara seimbang, akan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari anak sekarang dan di masa yang akan datang.

Sebagai orangtua juga tidak hanya menuntut anak untuk melakukan kewajibannya saja. Seperti kewajiban untuk belajar atau membantu pekerjaan rumah. Tetapi juga memberikan hak-hak anak saat berada di rumah. Hak dan kewajiban anak di rumah Lalu, apa saja hak dan kewajiban anak di rumah? Salah satu hak anak di rumah yang paling sederhana adalah anak berhak untuk mendapatkan cinta dan kasih sayang dari orangtua.

Baca Juga: Desa Mojowangi, Kecamatan Mojowarno Berdaya Lewat Produk Budaya

Selain itu anak juga berhak mendapatkan perhatian dan berhak diterima sebagai individu yang berbeda. Anak juga berhak mendapatkan makanan, perlindungan dan keamanan serta mendapatkan bimbingan belajar. Melansir dari laman sekolah Stella Maris, Rabu (11/1/2023) memaparkan apa saja hak dan kewajiban anak di rumah. Berikut ini adalah hak dan kewajiban seorang anak di rumah.

1. Berkreasi

2. Bermain

3. Berpartisipasi

4. Bebas berkumpul

5. Bebas berserikat

6. Berhubungan dengan orangtua bila terpisahkan

7. Hidup dengan orangtua

8. Memiliki hak untuk kelangsungan hidup, tumbuh dan juga berkembang.



Seorang anak juga berhak untuk mendapatkan:

1. Nama

2. Identitas

3. Pendidikan

4. Informasi

5. Kewarganegaraan

6. Standar kesehatan paling tinggi

7. Standar hidup yang layak.

Setelah mengetahui hak anak saat di rumah, kamu juga perlu tahu kewajiban anak saat di rumah. Berikut jawabannya.

1. Berbakti kepada orangtua

2. Membantu orangtua

3. Belajar di rumah

4. Membahagiakan orangtua

5. Menjaga nama baik keluarga

6. Patuh kepada orangtua

Demikian beberapa hak dan kewajiban anak saat di rumah dan di dalam keluarga. Jika hak dan kewajiban ini bisa dijalankan secara seimbang, akan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari anak sekarang dan di masa yang akan datang.

Sumber/Rewrite: kompas.com/Tiyas Aprilia
Lebih baru Lebih lama