Peserta didik bebas memilih buku bacaan yang tersedia. (ist)


KESAMBEN – Program Guru Penggerak sejatinya dirancang guna mengajak guru sebagai agen perubahan untuk berinovasi guna peningkatan hasil belajar yang berkualitas hingga meningkatkan gairah literasi di satuan pendidikan. Hal tersebutlah yang tercermin pada agenda Launching Program Tali Si Rapi yang ada di SMP Negeri 1 Kesamben pada Rabu (4/1).

Berharap program ini dapat secara konsisten dilakukan serta terdapat apresiasi bagi civitas akademika, guru dan peserta didik yang mampu berkarya nantinya.

Penasihat Program Tali Si Rapi yang memiliki arti Taman Literasi Siswa Raih Mimpi, yang juga sebagai Guru BK, SMP Negeri 1 Kesamben, Makhsushotin, S.Pd. menyampaikan bahwa program ini disusun dalam rangka penuntasan rangkaian Program Sekolah Penggerak yang sedang diikuti. Perihal prosesnya dimulai pada Open Donasi pada (1 /11 s.d 18/12/2022).

Baca Juga: Shibori Art Produk Unggulan Terbaru SMP Negeri 1 Wonosalam

Makhsushotin mengatakan, “Sangat bersyukur mendapat banyak dukungan dari pelbagai pihak. Diantaranya adalah kepala satuan pendidikan, guru dengan program Satu Guru Satu Buku, kemudian wali peserta didik dan komite yang juga menyumbangkan beberapa buku bacaan. Kemudian tim Gerakan Literasi Sekolah SMP Negeri 1 Kesamben yang diketuai oleh Guru Bahasa Indonesia, Slamet Puji Supangkat, S.Pd. yang juga turut terjun membantu dari penyiapan proposal, angket hingga agenda Launching.”

Parsum saat memberikan sambutan. (ist)

Kemudian yang tak kalah pentingnya yaitu pihak alumni yang meskipun berada jauh dari Kota Jombang tetap memberikan perhatian dengan mengirimkan donasi buku, imbuh Makhsushotin. Sehingga total buku yang terkumpul sebanyak 165 buku dengan jenis buku yang sangat beragam dari buku berjenis fiksi maupun non-fiksi.

Peserta didik membaca buku beranekaragam jenis dari novel hingga media koran dan majalah. (ist)

Perempuan yang akrab disapa Bu Tin ini menambahkan bahwa secara teknis kegiatan Program Tali Si Rapi sudah mulai dilaksanakan setelah acara Launching. Terdapat pengurus yang terdiri dari guru dan peserta didik kelas VII dan VIII sehingga seluruh giat membaca dan pengordinasian buku dapat terlaksana secara baik. Nantinya para pengurus tersebut sesuai jadwal akan berjaga hingga membersamai peserta didik lainnya untuk lebih giat membaca dan menulis, baik itu sinopsis ataupun karya baru yang dihasilkan usai kegiatan berliterasi yang berpusat di sebuah Gazebo Taman Literasi itu.

Slamet Puji Supangkat, secara simbolis menyerahkan maket Program Tali Si Rapi. (ist)

Kepala SMP Negeri 1 Kesamben sebelumnya, Drs. Parsum Sukowibowo, M.Pd. sangat mengapresiasi program yang menjadi inovasi penggerak litersai di satuan pendidikan. Sembari berharap program ini dapat secara konsisten dilakukan serta terdapat apresiasi bagi civitas akademika, guru dan peserta didik yang mampu berkarya nantinya. Selain itu, program ini juga sebagai kado perpisahan, lantaran harus melanjutkan karir sebagai kepala satuan pendidikan di SMP Negeri 1 Perak.

Reporter/Foto: Rabitha Maha/Istimewa

Lebih baru Lebih lama