Infografis Lima Metode Alternatif Pembelajaran Seni. (Dok.MSP)


Pembelajaran seni yang bertujuan untuk membentuk kepekaan terhadap lingkungan sekitar peserta didik serta kompetensi dalam mengkaryakan sesuatu. Mesti dilandasi dengan ketepatan metode. Terdapat beberapa metode pembelajaran seni alternatif yang dapat diimplementasikan tak lekang waktu.

1) Metode Diskusi

Digunakan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dalam memahami konsep serta keterampilan pemecahan masalah dengan konsep interaktif.

2) Metode Demonstrasi

Metode ini efektif dalam menguraikan pelbagai pertanyaan peserta didik terhadap objek maupun teori yang dipelajarinya. Melalui demonstrasi, perhatian peserta didik lebih terpusat sekaligus materi yang diajarkan lebih terarah.



3) Metode Karya Wisata (Studi Tur)

Mengunjungi pusat pengembangan seni dan budaya menjadi langkah efektif dalam menanamkan seraya memperluas pengetahuan peserta didik akan rupa, dan jenis seni budaya yang ada. Selanjutnya dapat ditindaklanjuti dengan pembuatan laporan ataupun kriya serupa.

4) Metode Latihan Keterampilan

Pasca Karya Wisata dilakukan, melatih keterampilan juga dapat dilakukan sebagai tindak lanjut praktik peserta didik akan seni.

5) Metode Peer Teaching (Rekan Sebaya)

Konsep belajar materi kesenian mesti menyenangkan. Oleh karenanya, apabila salah satu peserta didik sudah memiliki kecakapan di seni, dapat diarahkan untuk mencurahkan keterampilannya ke rekan sebayanya.

Sumber : Jurnal Konseling Pendidikan

Olah Data : Balitbang Majalah Suara Pendidikan

Lebih baru Lebih lama