Infografis Mengenal dan Menjaga Kesehatan Ginjal Sejak Dini. (Dok.MSP)


Sebagai salah satu organ terpenting di dalam tubuh manusia, Ginjal menyimpan banyak fungsi yang mendukung kelancaran aliran darah, mengontrol cairan sampai menyaring limbah yang diproduksi oleh tubuh dalam bentuk keringat maupun urine. Disamping itu pula Ginjal juga berfungsi mengatur kadar pH, garam dan kalium dalam tubuh.

Mengingat peran serta fungsi tersebut, maka cukup penting mulai saat ini untuk mengenal kesehatan Ginjal sedari dini. Supaya kondisi Ginjal senantiasa terjaga sampai usia senja nantinya.

Cek dan Kontrol Gula Darah

Pemeriksaan Gula Darah mesti rutin dilakukan ketika menginjak usia ± 40 tahun. Sebab, banyak dari penderita diabetes yang mengalami kerusakan Ginjal serius.

Cek Tekanan Darah

Tingginya tekanan darah juga menjadi salah satu aktor pemicu terjadinya kerusakan Ginjal. Oleh karenanya untuk menurunkan serta mengurangi tingginya tekanan darah, bisa dimulai dengan membudayakan pola hidup sehat.

Mengurangi Konsumsi Obat Anti Nyeri

Jenis obat anti nyeri seperti NSAIDS apabila sering dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan Ginjal. Jika, hendak mengkonsumsinya wajib disertai resep serta anjuran dokter.



Tidak Merokok

Aktivitas merokok memicu lambatnya aliran darah. Akibatnya, aliran darah ke Ginjal turut melambat. Untuk memperlancar aliran darah dan mencegah menurunnya fungsi Ginjal, berhenti/tidak merokok merupakan salah satu pilihan tepat.

Rutin Konsumsi Air Putih

Ginjal membutuhkan asupan air putih yang cukup untuk memaksimalkan kinerjanya. Rutin menghabiskan 2 liter air putih per-hari merupakan langkah efektif untuk menjaga kesehatan ginjal.

Olahraga Rutin

Menjaga kelancaran aliran darah serta keberimbangan berat badan tubuh, mesti disokong dengan aktivitas fisik yang rutin. Bisa dimulai dengan berlari, bersepeda, maupun olahraga kecil sejenisnya. Senyampang itu pula, kesehatan Ginjal dapat terjaga dengan laik.

Mengurangi Konsumsi Garam Berlebih

Garam, penyedap rasa dalam takaran yang tidak terkontrol akan memicu penyakit dalam serius, seperti halnya Ginjal. Normalnya asupan garam yang dianjurkan hanya satu sendok per hari. Menjaga pola makan secara sehat menjadi pilihan supaya Ginjal tetap berfungsi baik.

Memeriksa Fungsi Ginjal Secara Teratur

Pemeriksaan Ginjal dikhususkan pada orang dengan ciri berikut :

1. Berusia di atas 60 tahun

2. Lahir dengan berat badan rendah

3. Memiliki riwayat Kardiovaskular

4. Memiliki tekanan darah tinggi

5. Obesitas

Sumber : Halodoc/RS Murni Teguh

Olah Data : Balitbang Majalah Suara Pendidikan

Lebih baru Lebih lama