Peserta saat melaksanakan apel pembukaan. (ist)


JOMBANG – Pendidikan kepramukaan identik dengan kegiatan yang seru dan menyenangkan serta kekinian dengan mengikuti arus perkembangan zaman, namun tetap tidak meninggalkan prinsip dasar kepramukaan. Hal tersebut perlu digerilyakan untuk mewujudkan kader Pramuka, khususnya di tingkat Penggalang dalam turut serta membangun masyarakat yang beradab.

Pada perlombaan para peserta harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dari uraian lomba tersebut. nantinya para juara utama putra maupun putri akan mewakili Kwarcab Jombang dalam LT IV Provinsi Jawa Timur.

Salah satu kegiatan yang sangat mencerminkan prinsip dasar Pramuka adalah kegiatan Lomba Tingkat III (LT III) Kwartir Ranting Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Jombang. Ajang ini juga menjadi momen bersilaturahmi dan bertujuan sebagai bahan evaluasi hasil belajar Pramuka Penggalang di setiap Gugus Depan (Gudep). Lomba yang digelar saban tahun tersebut pada tahun ini diselenggarakan pada Sabtu s.d Minggu (8 s.d 9/10) berpusat di Lapangan SMA Negeri 3 Jombang.

Baca Juga: Ketahui Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Jombang, Agus Purnomo, S.H., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada usia Penggalang yaitu 11 s.d 15 tahun, peserta didik haruslah dihadapkan pada kegiatan-kegiatan menyenangkan dan menantang untuk melatih keberanian serta kepercayaan diri melalui permainan dan perlombaan. Harapannya dengan begitu para pemuda calon penerus generasi bangsa ini akan memiliki karakter tangguh dan disiplin.

M.Nasirodin. (ist)

Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Jombang, M. Nasirodin, S.Pd. menjabarkan bahwa secara umum rangkaian lomba dalam kegiatan LT III Kwarcab Jombang tetap mengacu dan memegang prinsip dasar gerakan Pramuka dan skill kepramukaan yang disesuaikan dengan tema “Berbudaya, Berprestasi, Produktif”. Diantaranya adalah; Senam Pramuka Jilid II; Tapak Kemah; Pertolongan Pertama Gawat Darurat; Pionering; Pidato Kebangsaan; Fotografi; Jurnalistik Video; Kemampuan Indra Manusia; Menaksir; Peta Pita; Berenang; Memanah dan Pentas Seni.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Jombang beserta jajarannya. (ist)

M. Nasirodin menambahkan, “Peserta Giat LT III Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jombang adalah anggota Pramuka Penggalang aktif dari satu Gudep Satuan, yang selanjutnya mewakili kontingen Kwartir Ranting. Pada perlombaan para peserta harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dari uraian lomba tersebut. nantinya para juara utama putra maupun putri akan mewakili Kwarcab Jombang dalam LT IV Provinsi Jawa Timur.”

Para jawara LT III Kwarcab Gerakan Pramuka Jombang. (ist)

Salah satu peserta yang merupakan Pembina Pramuka SMP Negeri 1 Jombang, Muhamad Arifin, S,Pd. menyampaikan bahwa telah mempersiapkan lomba ini sejak dua minggu sebelumnya. Terutama latihan pada cabang lomba yang diprediksi bakal mendapat poin tertinggi yaitu panahan. Selain mengejar gelar juara juga berharap delapan peserta didik yang tergabung dalam tim ini mampu memperoleh pengalaman dan memetik segala pembelajaran yang ada.

Reporter/Foto: Rabitha Maha/Istimewa









Daftar Juara LT III Kwarcab Gerakan Pramuka Jombang

NO

 

KWARRAN

PANGKALAN

KETERANGAN

1

PUTRA

SUMOBITO

SMP NEGERI 1 SUMOBITO

JUARA UMUM 1

2

MOJOAGUNG

MTS NEGERI 10 JOMBANG

JUARA UMUM 2

3

JOMBANG

SMP NEGERI 1 JOMBANG

JUARA UMUM 3

4

PUTRI

JOMBANG

SMP NEGERI 4 JOMBANG

JUARA UMUM 1

5

KESAMBEN

SMP NEGERI 2 KESAMBEN

JUARA UMUM 2

6

NGUSIKAN

SMP NEGERI NGUSIKAN

JUARA UMUM 3

Lebih baru Lebih lama