Rupa karya STEM yang memadukan sambungan listrik sederhana. (Donny)


PETERONGAN – Keilmuan yang diserap peserta didik di satuan pendidikan memang seyogianya harus diformulasikan untuk dijadikan sebuah karya yang mengandung nilai estetika maupun kegunaannya. Untuk itu, SMP Darul Ulum 1 Peterongan sebagai salah satu satuan pendidikan yang menerapkan Science, Technology, Engineering, and Math (STEM), senantiasa menghelat STEM Festival saban tahunnya, usai libur semester pertama.



Sebagaimana pada Senin (16/1), bertempat di aula SMP Darul Ulum 1 Peterongan, STEM Festival 2023 digelar dengan melibatkan 10 finalis dari peserta didik kelas VIII. Mengusung tema Empowering Student Preneurship Through STEM Education, tiap finalis tak hanya berkesempatan menggelar hasil karyanya. Melainkan pula wajib untuk mempresentasikan spesifikasi serta proses karyanya dihadapan tiga juri dari dewan guru SMP Darul Ulum 1 Peterongan yang didapuk sebagai tim penyelia.


STEM Festival merupakan agenda yang bertujuan menjaring bakat serta prestasi peserta didik di bidang sains.

Ketua Pengembangan STEM, SMP Darul Ulum 1 Peterongan, Asti Faizah, M.Pd. memaparkan, tiap finalis yang mewakili kelas masing-masing menghasilkan karya yang berbeda. Namun tetap pada koridor tema utama yakni muatan sains bernilai guna serta dapat dikembangkan di dunia wirausaha. Walhasil bermacam karya mulai dari ecoprint, robotik, hingga panganan kesehatan keseluruhannya dipresentasikan kepada dewan juri.

Baca Juga: Lomba Mewarna SDN Kayangan I Diwek Medium Harmonisasi dengan TK dan RA

“Pembedaan ini sengaja dilakukan untuk melatih daya keterampilan peserta didik dalam mengkaryakan STEM yang sudah terorganisir di satuan pendidikan melalui kegiatan kokurikuler. Lalu pengembangannya memang dikonsep dalam bentuk kompetisi STEM Festival, agar selalu muncul pembaruan jenis karya STEM setiap tahunnya,” ujar Asti Faizah.

Moh. Saiful Amin saat meninjau hasil STEM peserta didik. (Donny)

Lebih lanjut Asti Faizah memaparkan, setelah didapatkan pemenang dari STEM Festival, maka akan dibina ke tahap selanjutnya untuk dibentuk tim yang akan mewakili SMP Darul Ulum 1 Peterongan di pelbagai kompetisi STEM lintas negara. Maka dapat disimpulkan, bahwa STEM Festival merupakan agenda yang bertujuan menjaring bakat serta prestasi peserta didik di bidang sains.

Salah satu peserta didik saat mempresentasikan hasil STEM kepada juri. (Donny)

Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Drs. Saiful Amin, M.Pd. yang memantau jalannya STEM Festival tersebut mengungkapkan, apa yang telah dikaryakan peserta didik memiliki potensi untuk dapat disempurnakan di masa mendatang. Sebab, dengan dasar penguasaan teori dan praktik saintifik sedari jenjang menengah pertama, kedepannya tentu akan sangat penting peranannya, guna merangsang kepekaan peserta didik untuk menghasilkan karya yang inovatif serta solutif.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama