Moh. Suyuti saat menyematkan tanda peserta Raker Himpaudi Jombang pada (4-5/2) kemarin. (Donny)


JOMBANG – Adagium yang menyatakan tiada usaha yang mengkhianati hasil, telah menjadi iktikad Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Jombang dalam meningkatkan mutu PAUD. Berangkat dari keteguhan perjuangan tersebut, pada warsa 2022 yang baru berlalu, telah banyak program kerja yang berhasil dituntaskan Himpaudi Jombang baik secara internal maupun eksternal.

Harmonisasi dan capaian yang ada mesti di tingkatkan kembali untuk tahun ini. Supaya ada tindak lanjut serta pembaruan kinerja dan program apresiasi berupa dukungan kebijakan dari pelbagai pihak khususnya pemerintah daerah.

Pada lingkup internal, helatan bimbingan teknis, diklat pada pendidik dan tenaga kependidikan PAUD di tingkat kecamatan, yang kemudian terimplementasi pada gelaran semacam Apresiasi Mamamia maupun kompetisi serupa merupakan wadah praktik dari pengembangan kompetensi tersebut. Kemudian di tataran eksternal, sinergi antar lini stakeholders dalam bentuk jalinan kerjasama selalu dikedepankan.

Baca Juga: Simposium Sastra Pesantren Upaya Memperdalam Kajian Sastra Pesantren

Disampaikan Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang, Tita Aniqowardani, S.Pd. pada sesi pertama saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Himpaudi Kabupaten Jombang yang bertempat di Hotel Royal Caravan, Kabupaten Mojokerto pada (4/2) kemarin, memang hubungan internal dan eksternal memiliki kelindan erat yang tak terpisahkan. Sehingga, kala penempaan kompetensi di lingkup internal sudah menunjukkan hasilnya, maka selalu mendapat sambutan yang baik dari pihak eksternal. Tak terkecuali oleh Pemerintah serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang.



“Oleh karenanya, komunikasi selalu kami utamakan saban menyusun maupun hendak menjalankan program kepada mitra dan stakeholders pemangku jabatan di jajaran Pemerintah dan Disdikbud Kabupaten Jombang. Tujuannya jelas, bahwa dari jalinan komunikasi yang terbangun semua dapat berjalan dengan laik. Termasuk segala bantuan yang selalu mengalir dari Himpaudi Kabupaten Jombang baik secara moril maupun materiil,” ujar Tita Aniqowardani.


Sambutan oleh Khoirul Anam. (Donny)

Dibenarkan oleh Ketua Ikatan Penilik (IPI) Kabupaten Jombang, Khoirul Anam, S.Pd. apa yang telah diraih serta senantiasa diupayakan oleh Himpaudi Kabupaten Jombang dalam meningkatkan mutu layanan PAUD, juga telah banyak membantu kinerja IPI. Lantaran dalam memanggul kinerja di lingkungan PAUD, keduanya berada di satua muara yang sama. Yakni, memiliki tanggung jawab untuk selalu mengkualitaskan PAUD lewat pelbagai aspek.

Penyerahan piagam penghargaan kepada Pengurus Himpaudi tingkat kecamatan. (Donny)

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF, Disdikbud Kabupaten Jombang, Moh. Suyuti, S.Sos., M.M. memberikan apresiasi atas apa yang telah diupayakan oleh Himpaudi Kabupaten Jombang di warsa 2022. Diakuinya pencapaian kinerja di internal dalam hal peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan maupun menjaring kerjasama antar jajaran mitra dan pemerintah, bukan isapan jempol semata. Sebab memang telah merupa secara nyata yang salah satunya mewujud pada peningkatan angka akreditasi yang telah melibatkan 150 satuan pendidikan PAUD.

Moh Suyuti mengatakan, “Maka, harmonisasi dan capaian yang ada mesti di tingkatkan kembali untuk tahun ini. Supaya ada tindak lanjut serta pembaruan kinerja dan program apresiasi berupa dukungan kebijakan dari pelbagai pihak khususnya pemerintah daerah.”

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama