Ilustrasi seseorang sedang makan kemudian tersedak. (ist)


NASIONAL - Tersedak bisa menyebabkan kematian, paling sering pada anak kecil dan lansia. Dikutip dari Emedicine Health, tersedak adalah kondisi darurat medis berbahaya yang membutuhkan bantuan cepat dan tepat. Akibat tersedak yang fatal itu karena terjadi penyumbatan di saluran napas bagian atas oleh benda asing (baik makanan atau benda lainnya) yang menghalangi orang bernapas secara efektif.

Pada orang dewasa, tersedak paling sering terjadi saat makanan tidak dikunyah dengan benar. Berbicara atau tertawa saat makan dapat menyebabkan sepotong makanan salah masuk dan tersangkut di tenggorokan.

Kebanyakan kasus tersedak mungkin hanya menyebabkan batuk lemah, tetapi penyumbatan total saluran napas bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, penting memberikan pertolongan pertama untuk orang tersedak dengan cepat dan tepat. Dalam artikel ini akan mengulas secara ringkas tentang bagaimana cara memberikan pertolongan pertama untuk tersedak.

Cara pertolongan pertama untuk tersedak

Mengutip Medical News Today, orang yang tersedak membutuhkan pertolongan segera.

Pada orang dewasa
Orang dewasa harus menggunakan teknik yang menggunakan kombinasi 5 pukulan punggung dan 5 dorongan perut, yang dikenal sebagai Manuver Heimlich. Namun, para ahli tidak merekomendasikan Manuver Heimlich untuk anak usia di bawah 1 tahun atau untuk orang hamil. Langkah pertama memberikan pertolongan pertama untuk tersedak adalah memastikan orang tersebut memang tersedak dan mendapatkan persetujuan untuk membantu mereka.

Baca Juga: Hindari Pola Strawberry Parents Jika Tak Ingin Anak Gampang Gala

Langkah selanjutnya adalah melakukan 5 pukulan punggung sebagai berikut:

· Berdiri di belakang orang tersebut

· Tempatkan satu tangan Anda di dadanya untuk menopang badannya

· Bungkukkan badannya hingga sejajar dengan tanah

· Berikan 5 pukulan kuat di antara tulang belikat dengan tumit tangan Anda yang satunya.

Jika orang tersebut masih tersedak atau benda asing belum keluar dari, Anda perlu melakukan 5 dorongan perut, sebagai berikut:

· Berdirilah di belakang orang yang tersedak dengan satu kaki depan di antara kaki orang tersebut.

· Satu tangan Anda jangkau perut dan temukan pusarnya.

· Tempatkan kepalan tangan Anda di atas pusar dengan ibu jari Anda menghadap ke perut.

· Pegang kepalan tangan Anda dengan tangan lain. Dorong kedua tangan Anda ke dalam dan ke atas dengan gerakan menyentak yang cepat.



Pada anak kecil
Pada anak-anak dan bayi, langkah pertama untuk pertolongan pertama tersedak adalah membersihkan jalan napasnya dari makanan/benda asing dengan jari Anda yang bersih. Namun, jangan lakukan itu terlalu dalam ke tenggorokannya.

Jika itu langkah pertama itu tidak berhasil, Anda bisa melakukan pertolongan pertama untuk tersedak pada anak sebagai berikut:

· Posisikan anak menghadap ke bawah di lengan Anda yang bersandar di paha (posisi Anda duduk).

· Sangga kepala dan leher anak dengan satu tangan Anda tersebut dan pastikan kepalanya lebih rendah dari perutnya.

· Berikan hingga 5 tepukan punggung di antara tulang belikatnya dengan tumit tangan Anda yang lain.

· Jika tidak berhasil, putar anak menghadap ke atas, topang kepalanya dengan salah satu tangan Anda.

· Letakkan 2 jari Anda di tulang dadanya, sedikit di bawah garis puting. Lakukan 5 dorongan dada sedalam 1,5 inci dengan kecepatan 1 kali per detik.

· Ulangi cara tepuk punggung dan dorongan dada sampai anak mengeluarkan makanan/benda asing tersebut atau ia menjadi tidak responsif.

Jika orang tersebut baik orang tua atau anak sudah tidak responsif, tandanya mereka membutuhkan bantuan medis sesegera mungkin. Sebelum bantuan medis tiba, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut untuk orang dewasa dan anak-anak usia 9 tahun ke atas yang tersedak:

· Pastikan orang tersebut terlentang di permukaan yang rata.

· Berlutut di atas badan mereka.

· Dengan siku Anda lurus, posisikan satu tangan Anda di atas dan yang lain di tengah dada, telapak tangan ke bawah.

· Condongkan tubuh Anda ke depan dan mulailah kompresi dada dengan menekan setidaknya 2 inci dengan kecepatan 100 kali per menit.

· Biarkan dada orang tersebut naik sepenuhnya setiap setelah kompresi.

· Setelah 30 kompresi, miringkan kepala orang tersebut, angkat dagunya, dan berikan 2 napas buatan, masing-masing selama 1 detik.

· Ulangi proses tersebut sampai orang tersebut mulai bernapas atau bantuan medis profesional tiba dan mengambil alih.

Resusitasi jantung paru (cardiopulmonary resuscitation/CPR) dengan kecepatan 100 kompresi per menit lebih baik dari pada tidak dilakukan CPR sama sekali.

Penyebab Tersedak

Mengutip Emedicine Health, berikut macam penyebab tersedak yang mungkin terjadi:

Pada Orang Dewasa
Pada orang dewasa, tersedak paling sering terjadi saat makanan tidak dikunyah dengan benar. Berbicara atau tertawa saat makan dapat menyebabkan sepotong makanan salah masuk dan tersangkut di tenggorokan. Tersedak pada orang dewasa juga bisa terjadi karena efek minum alkohol atau menggunakan obat-obatan.

Selain itu, tersedak juga sering terjadi pada orang memiliki penyakit tertentu, seperti penyakit Parkinson. Pada orang dewasa yang lebih tua (lansia) lebih umum mengalami tersedak. Ini karena faktor usia dan gigi yang rusak sehingga sulit mengunyah dengan baik.

Pada Anak-anak
Anak-anak sering tersedak karena mengunyah makanan yang tidak sempurna, makan terlalu cepat, mencoba makan makanan dalam jumlah besar dan terlalu banyak sekaligus, atau makan permen keras.

Anak-anak juga sering memasukkan benda-benda kecil ke dalam mulut mereka, sehingga tersangkut di tenggorokan mereka. Jadi penting memperhatikan benda apa saja yang anak Anda pegang. Jangan sampai itu tertelan.

Sumber/Rewrite: kompas.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama