Beberapa guru yang sedang mengoperasikan platform Canva for Education. (Donny)


DIWEK – Proses pembelajaran sebagai ruh pendidikan untuk saat ini, mengharuskan para guru memiliki pelbagai siasat guna mengemasnya secara kreatif. Tujuannya jelas yakni supaya transfer pengetahuan tak membuat jemu peserta didik. Selain itu pula dengan kemasan yang kreatif tersebut, pembelajaran juga dapat selalu terbarukan seraya mengikuti perkembangan teknologi saat ini, khususnya di bidang digital.

Untuk lebih memudahkan penggunaan Canva for Education dalam memberikan sentuhan kreatifitas pembelajaran bagi peserta didik, para guru terlebih dahulu wajib menyusun konsep dasar desain dari materi yang dimilikinya.

Sebab itulah memasuki tahun baru 2023, SDN Keras I Diwek telah merintis pembaruan mekanisme pembelajarannya melalui Canva for Education. Kepala SDN Kerasi I Diwek, Niswati Aliyah, S.Pd. mengungkapkan, latar belakang dipilihnya aplikasi Canva for Education sebagai medium penganyaran wadah materi pembelajaran bagi peserta didik. Pada dasarnya banyak manfaat yang dituai di dalamnya. Khususnya pada aspek desain visual yang mudah dikreasi dengan segala fitur di Canva for Education.

Baca Juga: 

“Kemudahan inilah yang lantas kita kembangkan, agar kompetensi para guru selalu mengalami peningkatan. Senyampang itu pula, kedepannya berdasarkan pemahaman dasar teknik pengolahan data/materi dalam bentuk video pembelajaran dengan Canva for Education yang sudah di dapat para guru SDN Keras I dan SDN Grogol I Diwek dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) di SDN Keras I Diwek pada (19/12) lalu, tindak lanjutnya ialah setiap guru wajib mengolah seluruh perangkat dengan Canva for Education,” ujar Niswati Aliyah.



Sementara itu, Trainer Canva for Education, Wiwin Fida Yanti, S.Pd.SD. dihubungi terpisah via Whatsapp pada (29/12) mengatakan, “Selain praktis, fitur Canva for Education juga tidak berbayar dengan syarat, pengakses wajib memiliki akun belajar.id. Bilamana belum mempunyai akun belajar.id. Canva juga dapat langsung diakses di laman resmi canva.com.”


Proses pengisian materi pembelajaran melalui Canva for Education. (Donny)

Selanjutnya Wiwin Fida Yanti menambahkan, untuk lebih memudahkan penggunaan Canva for Education dalam memberikan sentuhan kreatifitas pembelajaran bagi peserta didik, para guru terlebih dahulu wajib menyusun konsep dasar desain dari materi yang dimilikinya. Apabila sudah tersusun sedemikian rupa, maka penyesuaian fitur sebagai sentuhan terakhir akan praktis dan tak sampai membuat kebingungan sewaktu proses penyuntingannya.

Niswati Aliyah pun menegaskan, bahwasannya setelah ditunjang dengan segala infrastruktur yang memadai di setiap kelas, seperti halnya Liquid Crystal Display (baca : LCD) maka guru wajib mengoptimalkannya. Salah satunya melalui pemanfaatan Canva for Education.

Niswati Aliyah menunjukkan salah satu hasil kreasi Canva for Education di gawainya. (Donny)

“Hal ini pun akan seirama dengan supervisi yang saya lakukan terhadap para guru dalam mengkreasi dan memanfaatkan fasilitas satuan pendidikan. Pemantau berkala dalam pemanfaatan ini akan menjadi tolak ukurnya. Sehingga, ibarat peribahasa sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, maka keberlangsungan Bimtek Canva for Education sudah melingkupi usaha peningkatan kapabilitas pendidik maupun satuan pendidikan,” tegas Niswati Aliyah.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama